RPPH TK A dan B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013

RPPH TK A dan B Tema Rekrasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013. Salah satu tugas pokok fungsional guru di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) khususnya lembaga TK adalah membuat administrasi guru. Administrasi guru sangatlah penting untuk diperhatikan, karena tanpa adanya administrasi tersebut, dikatakan guru belum profesional dalam bekerja. Tingkat keprofesionalan guru TK tidak dilihat dari hasil mengajar setelah proses pembelajaran berlangsung tetapi dilihat dari kelengkapan guru dalam administrasi guru. Administrasi guru yang tidak kalah penting dari administrasi yang lainnya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM).
RPPH TK A dan B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013
RPPH TK A dan B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013
RPPH dan RPPM keduanya sangat penting untuk dibuat, namun sebelum membuat RPPH , bunda-bunda harus membuat RPPM terlebih dahulu karena pada pembuatan RPPH kita harus melihat RPPM. Dari RPPM lah nantinya dijabarkan kembali menjadi RPPH. 
Baca juga : RPPM TK A dan B Tema Rekreasi Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013
Susunan RPPH TK A dan B yang akan kami bagikan dengan menggunakan format deskripsi dalam beberapa bagian yaitu antara lain : Semester/Minggu ke/Hari ke, Hari/Tanggal, Kelompok Usia, Tema/Sub Tema, Kompetensi Dasar, Materi, Kegiatan Main, Alat dan Bahan, Karakter, dan Proses Kegiatan Pembelajaran (Pembukaan, Inti, Recalling, Penutup dan Rencana Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan).
Sesuai judul artikel diatas kita akan membahas secara rinci pada RPPH TK Tema Rekreasi dalam Sub Tema Tempat Rekreasi tepatnya pada Minggu ke 1. Pada sub tema tersebut nantinya akan dijabarkan lagi menjadi fokus pembelajaran, setiap fokus pembelajaran/sub-sub tema akan dijadikan 1 (satu) RPPH. Sub-sub tema tersebut yaitu antara lain :
  1. hari Senin, Kolam Renang
  2. hari Selasa, Taman Kota
  3. hari Rabu, Pemandian Air Panas
  4. hari Kamis, Pantai
  5. hari Jum'at, Pegunungan
  6. hari Sabtu, Kebun Binatang
Pada sub-sub tema diatas bisa diubah sesuai keinginan bunda, kalau bisa sesuaikan dengan tempat-tempat rekreasi yang ada disekitar lingkungan sekolah, agar proses pembelajaran lebih berkesan. Gunakan gambar-gambar tempat rekreasi agar peserta didik bisa melihat gambaran dari tempat rekreasi sesuai sub-sub tema pada hari yang sudah ditentukan atau apabila bunda mempunyai Proyektor bisa menampilan video yang relevan untuk menampilkan tempat-tempat rekreasi.

Pada pembuatan RPPH di lembaga TK terdapat 2 jenis berdasarkan usia peserta didik, yaitu antara lain Kelompok A (3-4) dengan usia 3 sampai 4 tahun sedangkan Kelompok B (4-5) dengan usia 4 sampai 5 tahun. Keduanya sama hanya saja berbeda pada Kompetensi Dasar yang sudah di tentukan dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kurikulum 2013.

RPPH TK A dan B dengan Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi sudah kami buat dengan menggunakan format deskripsi dalam bentuk file Microsoft Word yang biasa bunda-bunda gunakan. Untuk lebih jelasnya bisa bunda lihat secara langsung RPPH tersebut yang sesuai dengan Kurikulum 2013.
  1. RPPH TK A Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013 (Unduh)
  2. RPPH TK B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013 (Unduh)
Untuk RPPH yang lain bisa bunda lihat dalam artikel sebelumnya di Semester 1 Tahun Pelajaran 2019 dari Minggu 1 sampai 17. Berikut artikel terkait masih mengenai RPPH TK A dan B.
  1. RPPH TK A dan B Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 (Baca)
  2. RPPH TK A dan B Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 (Lihat)
  3. RPPH TK A dan B Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 (Simak)
  4. RPPH TK A dan B Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 (Selengkapnya)
  5. RPPH TK A dan B Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 (Lanjutkan)
Kami sebagai admin Arsip PAUD mohon maaf apabila ada kekurangan dalam segi penulisan dan bahasa. Semoga artikel yang berjudul RPPH TK A dan B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013 bisa menjadi referensi dalam pembuatan RPPH untuk bunda-bunda sekalin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK A dan B Tema Rekreasi Sub Tema Tempat Rekreasi Semester 2 Kurikulum 2013"

Posting Komentar