FORMAT BUKU INVENTARIS BARANG PAUD TERBARU

BUKU INVENTARIS BARANG PAUD TERBARU. Barang yang ada di sekolah, contohnya pada jenjang PAUD bukanlah milik pribadi seorang guru atau kepala sekolah atau penyelenggara yang mendirikan lembaga PAUD tersebut. Ketika barang sudah diserahkan ke sekolah, itu akan menjadi milik sekolah dalam jangka waktu kedepan. Status atau Asal suatu barang yang ada di lembaga pendidikan berbeda-beda, ada yang berasal dari sumbangan atau swadaya masyarakat atau walimurid setempat, bantuan dari pemerintah, atau ada juga dari lembaga diluar pendidikan. Untuk menjaga kondisi status barang tersebut harus dipelihara sedemikian mungkin dengan membuat suatu pencataan atau pembukuan yang biasa kita sebut dengan Buku Inventaris Barang. 
Format Contoh Buku Inventaris Barang PAUD terbaru
Format Contoh Buku Inventaris Barang PAUD terbaru
Buku Inventaris Barang di jenjang PAUD berbeda dengan yang lainnya, perbedaan yang mencolok adalah pada pemberian Kode Barang, apabila di Instansi yang lainnya terdapat Kode Barang namun di jenjang PAUD tidak ada. Semua barang yang ada di sekolah atau PAUD harus dicatat secara detail seperti Tanggal Perolehan Barang, Nama Barang, Jumlah Barang, Asal Barang, dan Penghapusan Barang. Untuk Penghapusan barang harus disertai dengan Berita Acara alasan barang tersebut dihapus dan juga harus membuat surat kehilangan dari kepolisian. Bagian penulisan penghapusan barang pada Buku Inventaris terdiri dari jumlah barang yang di hapus, tanggal dihapusnya barang tersebut, dan keterangan.
Pada barang yang diperoleh dari bantuan pemerintah seperti Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) baik di TK, KB, SPS, dan TPA wajib untuk ditulis di Buku Inventaris Barang PAUD, karena siapa tahu nantinya ada pemeriksaan oleh Dinas Pendidikan setempat bahkan yang paling ditakutkan yaitu diperiksa oleh BPK, yang mana apabila ada pengeluaran di LPJ BOP namun pada Buku Inventaris Barang tidak ada maka guru yang bersangkutan sebagai bendahara dan penyelenggara akan dikenakan sanksi yang keras. Buku Inventaris Barang PAUD juga bukan hanya berfungsi sebagai bukti pemeriksaan oleh BPK namun juga sebagai nilai tambah dari Penyelenggaraan Akreditasi PAUD nantinya.
Baca artikel yang terkait seperti : Format Terbaru Buku Induk PAUD
Karena begitu pentingnya Buku Inventaris Barang PAUD tersebut, oleh karena itu segeralah anda buat sedini mungkin dengan mencatat semua barang yang ada di PAUD anda, sebelum nanti di keesokan harinya dibutuhkan. Untuk itu kami sudah membuat Buku tersebut dengan format yang terbaru pada tahun ini. Berikut format Buku Inventaris Barang PAUD terbaru yang sudah kami simpan dalam Google Drive dengan ukuran kurang dari 1 Mb.
Format Buku Inventaris Barang PAUD ini kami buat menggunakan format Microsoft Word sehingga anda sebagai petugas pencatat barang bisa dengan mudahnya mencatat lewat komputer atau secara langsung. Demikianlah artikel yang kami buat ini semoga artikel yang berjudul Buku Inventaris Barang PAUD yang terbaru bisa bermanfaat bagi anda semua terutama untuk kelengkapan Administrasi di Jenjang PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FORMAT BUKU INVENTARIS BARANG PAUD TERBARU"

Posting Komentar