FORMAT BUKU INDUK PESERTA DIDIK PAUD TERBARU SESUAI KURIKULUM 2013

FORMAT BUKU INDUK PESERTA DIDIK PAUD TERBARU SESUAI KURIKULUM 2013. Buku Induk merupakan buku yang berisi identitas peserta didik dari awal berdirinya sekolah sampai sekarang di semua jenjang Pendidikan salah satunya adalah di Dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi TK, KB, SPS, TPA dan lainnya yang bernaung di jenjang PAUD. Dalam Buku Induk tersebut nantinya akan dijadikan pedoman dalam pemberian Nomor Induk Sekolah. atau yang biasanya kita kenal dengan singkatan NIS. Nomor NIS nantinya dipergunakan sebagai salah satu data yang harus diisi pada Aplikasi Dapodik PAUD dalam menu registrasi. Buku induk ini juga sebagai salah satu administrasi yang tidak kalah pentingnya dengan administrasi lainnya. Karena buku induk ini nantinya sebagai point tambahan dalam bukti fisik pada waktu Akreditasi dilaksanakan.
Format Buku Induk Peserta Didik PAUD Kurikulum 2013
Format Buku Induk Peserta Didik PAUD Kurikulum 2013
Dalam setiap tahun buku induk mengalami perubahan format baik dalam isi maupun pada cover Buku Induk. Perubahan tersebut didasarkan pada perubahan Kurikulum yang sudah berubah semenjak tahun 2013 sampai dengan sekarang. Ada beberapa sekolah yang masih menerapkan Kurikulum lama yaitu KTSP ada juga yang menerapkan kurikulum yang baru yaitu  Kurikulum 2013 (Kurtilas). Buku Induk dalam setiap Kurikulum berbeda-beda, maka dari itu disini kami akan membagikan format yang baru dalam Kurikulum 2013 di Tahun Pelajaran 2019/2020.
Buku Induk Peserta Didik PAUD pada Kurikulum 2013 mempunyai format yang berbeda dengan Kurikulum KTSP. Pada Buku Induk Kurikulum 2013 terdapat beberapa bagian yaitu antara lain:
A. Keterangan Peserta Didik
  1. Nama Lengkap Peserta Didik
  2. Nama Panggilan
  3. Jenis Kelamin
  4. Tempat Lahir
  5. Tanggal Lahir
  6. Agama
  7. Kewarganegaraan (WNI/WNA)
  8. Jumlah Saudara (Kandung, Tiri, dan Angkat)
  9. Bahasa Sehari-hari di rumah
  10. Keadaan Jasmani (Berat Badan, Tinggi Badan, Golongan Darah, Penyakit yang pernah diderita)
  11. Alamat Rumah
  12. No. Telepon/HP
  13. Bertempat tinggal (Orangtua/Wali/ Asrama/ Menumpang)
  14. Jarak Tempat Tinggal Kesekolah

B. Keterangan Orangtua
  1. Nama Orang tua (Ayah dan Ibu)
  2. Pendidikan Orang tua (Ayah dan Ibu)
  3. Pekerjaan Oran tua (Ayah dan Ibu)
  4. Wali Peserta didik (jika ada

C. Perkembangan Peserta Didik
  1. Masuk menjadi peserta didik baru (Asal Peserta Didik, Nama Lembaga, Alamat Lembaga)
  2. Pindah dari lembaga lain ( Nama Lembaga, Alamat Lembaga Asal, Dari tingkat kelompok umur)
  3. Diterima dilembaga ini(Pada Tanggal dan Kelompok Umur )
  4. Prestasi belajar peserta didik
  5. Keadaan Jasmani setiap tahun.

D. Meninggalkan lembaga ini.
Semua format diatas merupakan Buku Induk Peserta Didik PAUD terbaru sesuai denga Kurikulum 2013. Untuk lebih detailnya bisa anda dapatkan di Format Buku Induk Peserta Didik PAUD Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. File tersebut berformat MS. Word sehingga dengan mudah anda mengoperasikan dan mengganti data sesuai dengan lembaga dan peserta didik di lingkungan Sekolah PAUD anda.
Semoga format file Buku Induk Peserta Didik PAUD ini bisa bermanfaat bagi guru PAUD untuk melengkapi Administrasi Guru dan Sekolah di Jenjang PAUD baik TK, KB, SPS dan TPA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FORMAT BUKU INDUK PESERTA DIDIK PAUD TERBARU SESUAI KURIKULUM 2013"

Posting Komentar