RPPH TK A - B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS BUAH DAN UMBI MINGGU 17 KURIKULUM 2013

RPPH TK A - B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS BUAH DAN UMBI MINGGU 17 KURIKULUM 2013. Setiap guru mempunyai tugas pokok sebagai tenaga fungsional yang tidak hanya mendidik dan mengajar agar anak dapat berkembang dengan baik dan nantinya menjadi anak yang dapat berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara tetapi disamping itu ada tugas pokok lainnya sebagai guru yaitu mengerjakan administrasi kelas atau guru. Apa yang akan dikerjakan sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung tertuang pada sebuah perencanaan yang bernama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebuah jenjang pendidikan dari PAUD sampai SMA pasti tidak asing yang namanya RPP tersebut karena sudah menjadi makanan keseharian bagi guru di semua jenjang. Dari semua jenjang pendidikan ada salah satu jenjang yang berbeda dengan jenjang yang lain dalam masalah RPP yaitu jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam jenjang pendidikan PAUD mengenai RPP terbagi menjadi 2 macam yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) berbeda dengan jenjang lainnya yang hanya mempunyai 1 jenis yaitu RPP saja. 
RPPH TK A - B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS BUAH DAN UMBI MINGGU 17 KURIKULUM 2013
RPPH TK A - B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS BUAH DAN UMBI MINGGU 17 KURIKULUM 2013
Sebenarnya RPP sama dengan RPPH karena sama-sama berlaku dalam satu pembelajaran atau satu hari. Bedanya adalah pada PAUD mempunyai satu RPP lagi yaitu RPPM yang berisi proses pembelajaran dalam satu minggu. Jadi antara RPPM dan RPPH saling berkaitan satu sama lain, karena pembuatan RPPH diambil dari RPPM yang sebelumnya dibuat. Karena ini adalah minggu ke 17 sesuai dalam Promes Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 terdapat pada tema tanaman sub tema jenis buah dan umbi.


Pada sub tema jenis buah dan umbi dijabarkan lagi menjadi beberapa sub-sub tema yang mana setiap sub-sub tema tersebut akan dijadikan menjadi RPPH. Sub-sub tema tersebut yaitu antara lain:
1. Jenis Buah : Buah Jeruk, Jambu, dan Jus Buah;
2. Jenis Umbi : Ketela, Umbi Jalar, Bawang Merah dan Putih

Untuk pembuatan RPPH TK/PAUD tidak harus setiap hari, bisa juga dibuat seminggu sekali seperti pada pembuatab RPPM hanya saja pembuatan RPPH sekali tapi berisi 6 RPPH sekaligus. RPPH TK/PAUD tersebut telah kami buat dengan menggunakan sub-sub tema diatas dalam format Microsoft Word yang biasanya anda gunakan dalam pembuatan Administrasi Kelas. File RPPH TK terdapat 2 RPPH yang berbeda yaitu Kelompok A dan B. Untuk RPPH TK kelompok A diperuntukkan siswa dalam satu kelas tergolong usia 4 sampai 5 tahun sedangkan Kelompok B untuk usia siswa 5 sampai 6 tahun. Berikut file RPPH TK tersebut.

RPPH diatas kami buat berdasarkan Standar Nasional PAUD Kurikulum 2013 dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama guru PAUD dalam membuat administrasi PAUD seperti RPPH TK A dan B Tema Tanaman Sub Tema Jenis Buah dan Umbi.
Baca juga artikel terkait seperti

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK A - B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS BUAH DAN UMBI MINGGU 17 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar