PROGRAM SEMESTER PROMES PAUD TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PROGRAM SEMESTER PROMES PAUD TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Program Semester atau yang kita kenal Promes ada juga yang menamakan Prosem merupakan Perencanaan pembelajaran yang dibuat dalam jangka waktu per semester. Promes ini merupakan salah satu administrasi guru yang wajib untuk dibuat atau dikerjakan di semua jenjang, dari jenjang paling bawah sampai atas. Jenjang paling bawah contohnya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terbagi menjadi beberapa lembaga pendidikan yaitu Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Penitipan Anak (TPA) serta lainnya yang bernaung di Jenjang PAUD. Pembuatan Promes PAUD harus mengacu pada Program Tahunan (Prota) yang sebelumnya dibuat. Jadi sebelum anda membuat Promes, alangkah baiknya anda membuat Prota terlebih dahulu, karena seperti yang kami katakan tadi bahwa pembuatan Promes PAUD harus mengacu pada Prota.
Baca Juga : Program Tahunan Prota PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Pada pembuatan Promes kita harus mengetahui minggu-minggu efektif yang terdapat pada Kalender Pendidikan terbaru, karena ini di Tahun Pelajaran 2019/2020 sehingga Kaldik yang kita gunakan adalah Kaldik di Tahun Pelajaran tersebut. Setiap jenjang dan daerah mempunyai acuan Kaldik tersendiri, ada juga yang sama tergantung dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi masing-masing.
Baca Juga : Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Promes PAUD yang kami buat ini menggunakan Format Excel yang terdiri dari beberapa kolom, antara lain : Kolom pertama Nomor, kedua Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) atau Lingkup Perkembangan, Ketiga Kompetensi Dasar (KD) dari Sikap Sosial, Spiritual, Pengetahuan dan Keterampilan dan Keempat Tema dan Alokasi Waktu dalam satuan minggu. 
PROGRAM SEMESTER PROMES PAUD TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Dalam membuat promes PAUD sangatlah mudah, anda tinggal memberi tanda contreng pada kolom Tema dan Alokasi Waktu. Namun harus dicermati dengan seksama tema tersebut mencakup KD apa saja dan pada minggu ke berapa? Karena kalau tidak dengan cermat nantinya tidak sesuai dengan RPPM dan RPPH yang nantinya akan dibuat. Promes PAUD yang anda buat ini menjadi acuan untuk membuat RPPM dan RPPH jadi walaupun sangatlah mudah dalam membuat Promes PAUD Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 tetapi harus berhati-hati.
Untuk mendapatkan file Promes PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 bisa anda dapatkan yang kami simpan di Google Drive. File tersebut seperti yang kami sebutkan yaitu menggunakan format MS. Excel sehingga bisa anda operasikan dengan mudah. Silahkan anda ubah sesuai keinginan anda apabila ada yang tidak sesuai dengan format di daerah anda. File tersebut yaitu Promes PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat terutama anda yang disibukkan dalam pembuatan administrasi kelas yang bergiu banyak dan menumpuk, kami himbau untuk anda agar mengerjakan administrasi kelas di Jenjang PAUD di kerjakan sedini mungkin karena pekerjaan yang lain akan segera datang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROGRAM SEMESTER PROMES PAUD TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Posting Komentar