Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Program semester merupakan kan salah satu administrasi guru yang tidak kalah pentingnya dengan administrasi lainnya. Program semester ini berisi rangkuman proses pembelajaran selama satu semester yang diambil dari Program Tahunan yang sebelumnya dibuat diawal ajaran baru. Program semester atau yang kita singkat dengan istilah PROMES atau PROSEM berlaku untuk semua jenjang dari jenjang paling bawah sampai atas. Misalnya saja di jenjang paling bawah yaitu pendidikan anak usia dini atau disingkat PAUD terdapat PROMES atau PROSEM yang dibuat Setiap awal ajaran baru baik semester satu dan dua. Tanjung paku terdiri dari kelompok bermain (KB), taman kanak-kanak (TK), satuan PAUD sejenis (SPS), Taman penitipan anak (TPA), dan lainnya yang sederajat dengan PAUD. 
Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021
Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Promes PAUD  dibuat setelah prota PAUD dibuat terlebih dahulu. Untuk membuat PROMES PAUD semester 1 dan 2 kita harus melihat kalender pendidikan atau kaldik PAUD yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Karena Sekarang kita berada di tahun pelajaran 2020 / 2021


Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam dalam pembuatan promes PAUD semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2020/2021. Promes PAUD yang kami buat berbentuk tabel dalam format Microsoft Word yang mudah untuk digunakan. Anda tinggal megisi identitas lembaga, nama kepala sekolah atau penyelenggara. Dalam format tabel tersebut terdapat kolom-kolom yang berisi seperti Kolom pertama berisi Nomor KI-1, KI-2 ,KI-3, dan KI-4. 
  1. KI-1 berisi Sikap Spiritual yang terdiri dari Menerima ajaran agama yang dianutnya : 1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya, 1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
  2. KI-2 berisi Sikap Sosial yaitu Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang lain, mempu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan teman.
  3. KI-3 berisi  Pengetahuan yaitu Mengenal diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama, teknologi, seni dan budaya dirumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghirup, merasa, meraba); mengumpulkan informasi; menalar; dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
  4. KI-4 berisi Keterampilan seperti Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia.
(Baca juga artikel terkait seperti : Promes/Prosem PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020)
Kolom yang kedua Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar seperti pada Standar Nasional PAUD Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Kolom ketiga yaitu penjabaran Tema pada setiap minggu efektif baik Promes Semester 1 dan 2. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat contoh Promes/Prosem PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
  1. Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021;
Artikel yang berjudul Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 semoga bisa bermanfaat bagi anda semua terutama untuk jenjang PAUD baik di TK, KB, SPS, dan TPA serta jenjang lainnya yang sederajat dengan PAUD. Promes PAUD ini hanyalah sebagai contoh saja apabila ada kekeliruan mohon dimaafkan, kami sebagai admin hanya menfasilitasi dan membantu anda sebagai guru PAUD dalam membuat Administrasi Guru PAUD seperti pembuatan Promes di awal semester atau ajaran Baru Tahun Pelajaran 2020/2021.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Program Semester (Promes/Prosem) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Learn mengatakan...

Ini Virus y
Pas dibuka file nya malah keyboard ane jadi aneh... mati sendiri fungsi keyboard
mohon bantuannya

Unknown mengatakan...

link nya eror

Posting Komentar