Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada awal ajaran baru dari Dinas Pendidikan Pemprov dan Kemendikbud mengeluarkan dan merancang semua penanggalan untuk mengetahui Hari dan Minggu Efektif untuk pelaksanaan bekerja yaitu berupa Kalender. Kalender dalam dunia Pendidikan dinamakan Kalender Pendidikan yang kita kenal dengan sebutan Kaldik. Kaldik ini disusun bertujuan untuk mengetahui hari dan minggu efektif dan tidak efektif atau hari libur agar ke depannya guru bisa merancang proses pendidikan dengan tepat. Kaldik ini nantinya sebagai acuan pembuatan Administrasi Kelas atau Guru salah satunya yaitu Program Tahunan (Prota) dan Promes (Promes).
Baca Juga: Program Tahunan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Kalender Pendidikan PAUD ini disamping penentuan minggu efektif dan hari efektif, juga dijadikan patokan kapan hari libur nasional dan Sekolah sehingga guru PAUD tidak salah dalam mengumumkan ke peserta didik kapan bisa berangkat dan kapan bisa libur kembali.
Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019 / 2020
Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019 / 2020

Pada Kalender Pendidikan atau Kaldik PAUD tersebut mencakup beberapa satuan pendidikan yaitu Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA). Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 mempunyai 2 jenis penggolongan kaldik berdasarkan hari efektif yaitu Hari Efektif 6 hari dalam seminggu dan 5 hari dalam seminggu. Tetapi biasanya di jenjang PAUD yang menerapkan 6 hari efektif yaitu TK sedangkan yang lainnya 5 hari efektif. Namun setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri jadi jangan menjadi patokan untuk memilih tetapi harus ada kebijakan bersama dalam satu daerah.
Ada beberapa Satuan Pendidikan PAUD yang mempunyai hari efektif tersendiri berdasarkan kebijakan dari  Yayasan yang di naunginya sehingga dalam Kaldik PAUD tidak menjadi patokan. Misalkan saja ada PAUD yang bernaung di Organisasi A yang notabennya adalah islam, ketika di Kaldik PAUD terdapat libur selama 3 hari awal puasa, ternyata di organisasi A tersebut libur selama satu minggu atau 6 hari. Hal tersebut memang diperbolehkan karena berhubung PAUD tersebut masih Non Formal atau naungan Yayasan.
Apabila anda membutuhkan Kaldik PAUD tersebut, kami suda simpan di Google Drive sehingga bisa anda ambil sesuai yang anda butuhkan,berikut Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020. Memang Kaldik ini tidak dijadikan satu lembar dalam satu Tahun Pelajaran 2019/2020. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama untuk kelengkapan Administrasi Sekolah di Jenjang PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalender Pendidikan Kaldik PAUD Tahun Pelajaran 2019 / 2020"

Posting Komentar