RPPH PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos

RPPH PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos. Setiap kegiatan membutuhkan perencanaan yang begitu matang agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan menghasilkan sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi kegiatan tersebut ada kaitannya dengan seorang anak pra sekolah, pastinya membutuhkan perencanaan. Perencanaana yang dibuat guru dalam proses pembelajaran dikelas untuk anak didiknya dalam jenjang PAUD disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP dalam jenjang PAUD terbagi menjadi 2 macam berdasarkan waktu pelaksanaannya yaitu RPPH dan RPPM.
RPPH PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos
RPPH PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos

RPPH merupakan akronim dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. RPPH ini berlaku satu hari saja atau satu pembelajaran. Dilihat dari isinya RPPH ini mencakup proses pembelajaran selama satu hari dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran berlangsung. Sedangkan untuk RPPM adalah kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang mencakup proses pembelajaran selama satu minggu. Sebenarnya kedua RPP tersebut sama, hanya saja letak perbedaannya pada alokasi waktu. Antara RPPH dan RPPM saling berkaitan satu sama lain, maksudnya adalah untuk membuat RPPH kita harus mengacu pada RPPM. Jadi kita harus membuat RPPM terlebih dahulu sebelum membuat RPPH. Pada pembuatan RPPM diambil dari Program Semester atau Promes/Prosem yang terbaru dan berlaku pada saat itu, misalnya ini disemester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 maka kita mengacu Promes/Prosem PAUD/TK Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020.

(Baca artikel terkait seperti : PROMES PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020)

Setelah anda sudah memahami arti dari RPPH dan RPPM, dalam kali ini kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai RPPH pada PAUD/TK. RPPH PAUD/TK mempunyai 2 macam berdasarkan usia peserta didik. Kelompok A usia ( 4-5) tahun sedangkan Kelompok B usia (5-6) tahun, dalam pembuatan RPPHpun tidak sama antara Kelompok A dengan B walaupun tema dan sub temanya sama namun Kompetensi Dasar dan Isi dari Materinya jauh berbeda. Kelompok B lebih sulit dibandingkan Kelompok A.

RPPH PAUD/TK yang akan kita bahas lebih dalam yaitu pada minggu ke 8 dengan Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos. Setiap sub tema dijabarkan lagi menjadi beberapa sub-sub tema. Untuk sub-sub tema pada Tema Pekerjaan Minggu ke 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu antara lain:
  1. hari Senin, Sub Tema Bidang Pertanian ( Petani);
  2. hari Selasa, Sub Tema Bidang Pertanian (Petani);
  3. hari Rabu,, Sub Tema Bidang Pertukangan (Tukang Kayu);
  4. hari Kamis, Sub Tema Nelayan (Nelayan);
  5. hari Jum'at, Sub Tema Koki (Koki);
  6. hari Sabtu, Sub Tema Tukang Pos (Tukang Pos).
Untuk sub-sub tema diatas bisa anda ubah sendiri sesuai dengan keinginan anda sendiri, namun apabila diubah materi yang ada di RPPH tersebut juga harus diubah. RPPH PAUD/TK Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos sudah kami buat dalam satu file, tetapi karena ada 2 RPPH PAUD/TK A dan B jadi ada 2 file yang sudah kami buat tinggal anda ganti identitas PAUD dan Nama Guru Kelas serta Kepala Sekolah/ Penyelenggara. Berikut File RPPH PAUD/TK yang sudah kami buat dalam format Microsoft Word pada Google Drive.
  1. RPPH PAUD/TK A Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki Rdan Tukang Pos;
  2. RPPH PAUD/TK B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos.
RPPH PAUD/TK yang lainnya masih pada Tema Pekerjaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020  sudah kami buat di pertemuan sebelumnya, tinggal anda baca dan lihat dibawah ini.

Semoga artikel ini bisa membantu untuk kelengkapan administrasi guru di jenjang PAUD/TK dan bisa menjadi referensi bagi guru PAUD dalam pembuatan RPPH PAUD/TK di semester 2 tahun pelajaran 2019/2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Sub Tema Bidang Pertanian, Pertukangan, Nelayan, Koki dan Tukang Pos"

Posting Komentar