DAFTAR TEMA DAN SUB TEMA CAKUPAN KURIKULUM 2013 PAUD

DAFTAR TEMA DAN SUB TEMA CAKUPAN KURIKULUM 2013 PAUD. Sebelum pembuatan RPPH dan RPPM serta Promes dan Prota pada Administrasi Guru di Jenjang PAUD. Guru  harus mengetahui cakupan dari Tema yang akan dicapai dalam proses pembelajaran kedepan, sehingga guru PAUD bisa dengan sendirinya membuat RPPH dan RPPM. Daftar Tema dan Sub Tema yang berlaku di PAUD berlaku pada Satuan Pendidikan TK, KB, RA, TPA, dan Satuan Pendidikan yang sederajat dengan PAUD. Walaupun untuk nantinya bisa dikembangkan sendiri berdasarkan Indikator yang sudah tersedia berdasarkan kemampuan dan Umur peserta didik.
Kurikulum 2013 di jenjang PAUD sangatlah penting untuk diperhatikan dalam pembuatan Administrasi Guru PAUD, karena antara satu dengan yang lain saling berkaitan satu sama lain. Jadi pembuatan administrasi PAUD sudah ada alurnya contohnya untuk pembuatan RPPH harus mengacu pada RPPM, RPPM haru mengacu pada Promes/prosem dan Promes/Prosem harus mengacu pada Prota sehingga tidak boleh kita mengerjakan dari bawah terlebih dahulu yaitu RPPH, tetapi yang kita kerjakan terlebih dahulu adalah dari Prota. Sedangkan Prota itu sendiri harus mengacu pada Daftar Tema dan Sub Tema yang sudah ada terutama Daftar tema dan Sub Tema Cakupan Kurikulum 2013 yang terbaru pada Jenjang PAUD.
Pada Daftar Tema di setiap Tema terdiri dari Sub Tema dan dua atau lebih Sub Tema terdiri dari enam fokus pembelajaran atau Cakupan pada Sub Tema. Contohnya bisa anda lihat dibawah ini.
Pada gambar diatas bisa kita lihat sendiri Cakupan atau Fokus Pembelajaran yang dapat kita kembangkan sendiri tidak harus mengacu pada gambar diatas tetapi bisa anda berikan beberapa variasi cakupan Sub Tema yang masuk pada Sub Tema. Untuk lebih jelasnya bisa anda ambil file yang berkaitan dengan Daftar Tema dan Sub Tema Cakupan Kurikulum 2013 PAUD yang sudah ada dengan format MS. Word. Sehingga anda bisa membuat RPPH dan RPPM sendiri hanya dengan melihat Cakupan Sub Tema diatas.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama bagi Guru PAUD yang disibukkan dengan beberapa Administrasi yang harus dikerjakan dengan begitu matang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "DAFTAR TEMA DAN SUB TEMA CAKUPAN KURIKULUM 2013 PAUD"

Unknown mengatakan...

Saya minta sub sub tema dari tema lingkungan ku itu apa saja nama sub tema nya

Posting Komentar