FORMAT PENILAIAN HARIAN PAUD TERBARU TAHUN 2018/2019

FORMAT PENILAIAN HARIAN PAUD TERBARU TAHUN 2018/2019. Dalam proses pembelajaran disamping kita mengajarkan dan mendidik peserta didik dengan baik kita juga harus melakukan pengukuran  kepada anak sejauh mana tingkat kepahaman terhadap materi atau pelajaran yang kita ajarkan kepada anak didik kita. Untuk mengukur hal tersebut yaitu kita membutuhkan penilaian, penilaian itu sendiri dilaksanakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penilaian pada jenjang PAUD baik itu di TK, KB, TPA, dll yang masih sederajat dengan Jenjang PAUD. 
Pada Proses penilaian di Jenjang PAUD terbagi menjadi beberapa bagian yaitu ada Penilaian Harian, Penilaian Mingguan, Penilaiaan Bulanan, dan Penilaian Semester. Untuk penilaian Semester diambil dari Bulanan sedangkan Penilaian Bulanan diambil dari Mingguan dan Penilaian Mingguan diambil dari Penilaian Harian. Jadi yang paling penting adalah kita mengerjakan Penilaian Harian. Karena penilaian harian adalah dasar dari Penilaian-penilaian yang lain.
FORMAT PENILAIAN HARIAN PAUD TERBARU TAHUN 2018/2019

Ole karena itu disini kita akan membahas mengenai Penilaian Harian di Jenjang PAUD baik itu di TK, KB, TPA, dll yang masih sederajat dengan PAUD. Pada Penilaian harian PAUD terdiri dari beberapa kolom yaitu kolom pertama adalah Nama Anak, Hari/ Tgl, Kompetensi Dasar atau Program Pengembangan dan Simpulan. Untuk Kompetensi Dasar/Program Pengembangan itu sendiri terdiri dari Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Seni, dan Sosial Emosional. Dalam penilaian Harian dilakukan dengan ceklist yang artinya pada setiap bagian Kompetensi Dasar/ Program Pengembangan sudah terdapat kategori penilaian yaitu 
  1. BB adalah Belum Berkembang yang artinya bila anak melakukan harus dengan bimbingan oleh Guru,
  2. MB adalah Mulai Berkembang yang artinya anak melakukan masih harus diingatkan atau dibantu guru,
  3. BSH adalah Berkembang Sesuai Harapan yang artinya anak sudah dapat melakukan secara mandiri tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru, dan
  4. BSB adalah Berkembang Sangat Baik yang artinya anak sudah dapat melakukan secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Semua itu dilakukan menggunakan ceklist di bawah kolom BB, MB, BSH dan BSB sesuai dari pengamatan anda. Format Penilaian Harian PAUD Tahun 2018/2019 menggunakan MS Word sehingga dengan mudahnya anda mengedit atau mengubahnya.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama untuk Guru PAUD dalam pelaksanaan Penilaian di kelasnya dan bisa juga menjadi referensi dalam format penilaian harian PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "FORMAT PENILAIAN HARIAN PAUD TERBARU TAHUN 2018/2019"

Unknown mengatakan...

BOHONG

Unknown mengatakan...

Masuk iklan ,formatnya mana.....

Posting Komentar