RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. RPPH  merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. RPPH PAUD adalah sebuah perencaan dalam proses pembelajaran yang berlangsung selama sehari dan ini berlaku dijenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Penitipan Anak (TPA) serta lainnya yang masih sederajat. Pembuatan RPPH ini tidak harus sehari sekali tapi bisa juga sekalian sekali pembuatan untuk satu minggu. Hal tersebut bertujuan untuk memperingan guru PAUD dalam pembuatan administrasi guru yang begitu banyaknya salah satunya membuat RPPH PAUD. 

RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPH PAUD yang akan kita bahas yaitu di semester 1 dalam tema Diri Sendiri pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Tema Diri Sendiri ini dilaksanakan pada awal ajaran baru atau tepatnya pada minggu ke 2, karena minggu ke 1 digunakan untuk pengenalan lingkungan sekolah dan proses pembelajaran akan berlangsung di minggu ke 2. Walaupun pelaksanaan dilaksanakan minggu ke 2 namun penulisan pada pembuatan RPPH PAUD tema Diri Sendiri ditulis secara formal pada minggu ke 1. 

Dalam pembuatan RPPH PAUD ini ada kaitannya dengan administrasi guru PAUD lainnya yang sebelumnya harus dibuat terlebih dahulu yaitu Program Tahunan (PROTA) PAUD, Program Semester (PROMES/PROSEM) PAUD, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) PAUD. Namun anda tidak usah khawatir kami sudah membuat hal tersebut dalam artikel sebelumnya, anda bisa ambil dan simak penjelasannya berkaitan dengan administrasi guru PAUD tersebut yaitu sebagai berikut ini.


Sebenarnya tema Diri Sendiri/Diriku ini terletak di 3 minggu awal pertama pembelajaran dimulai hanya saja ketiga minggu tersebut nanti dijabarkan menjadi sub tema. Setelah tema dijabarkan menjadi sub tema nanti sub tema akan dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema. Jadi setiap sub-sub tema itulah nanti akan dijadikan menjadi satu RPPH PAUD. Ternyata untuk tema Diri sendiri dijabarkan menjadi sub tema yaitu.
  1. TEMA DIRI SENDIRI SUB TEMA IDENTITAS DIRI
  2. TEMA DIRI SENDIRI SUB TEMA TUBUHKU
  3. TEMA DIRI SENDIRI SUB TEMA PANCA INDERA
Setiap sub tema nantinya akan dijabakan menjadi sub-sub tema, misalkan saja saya kasih contoh tetapi ini bukan sebagai acuan karena untuk penentuan sub-sub tema ditentukan oleh guru masing-masing dengan melihat situasi dan kondisi disekitar lingkungan sekolah. Hanya saja ini hanyalah contoh saja.

Tema Diri Sendiri Sub Tema Identitas Diri kami tentukan sub-sub tema sebagai berikut ini.
  • Nama;
  • Jenis Kelamin;
  • Mengurus Diri Sendiri;
  • Usia;
  • Alamat;
  • Nama Ayah dan Ibu.
Tema Diri Sendiri Sub Tema Tubuhku dengan sub-sub tema sebagai berikut ini.
  • Anggota Tubuh;
  • Ciri-ciri Tubuh;
  • Tangan;
  • Rambut;
  • Kaki;
  • Badanku.
Tema Diri Sendiri Sub Tema Panca Indra mempunyai sub-sub tema sebagai berikut ini.
  • Mata;
  • Hidung;
  • Telinga;
  • Lidah;
  • Kulit;
  • Lima Panca Indra.
Penjabaran dari sub-sub tema diatas nantinya menjadi RPPH PAUD dalam sehari pembelajaran didalam kelas yang mencakup awal mulai pembelajaran sampai kegiatan akhir pembelajaran. RPPH PAUD dengan Tema Diri sendiri sudah kami siapkan sedemikian rupa berdasarkan sub-sub tema yang telah kami jabarkan diatas. Apabila anda membutuhkannya bisa diambil sesuai kebutuhan. File RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 telah kami buat menggunakan Microsoft Word dan kami simpan dalam Google Drive. Berikut File-file tersebut yang bisa dijadikan referensi dalam membuat administrasi guru di jenjang PAUD yaitu pembuatan RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Semester 1.
  1. RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Sub Tema Identitas Diri Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Sub Tema Tubuhku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  3. RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Sub Tema Panca Indra Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Dalam proses pembelajaran disamping anda membuat RPPH PAUD yang berupa skenario pembelajaran di kelas ada hal yang tidak kalah penting yaitu pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam kelas yang kaitannya dengan tema diri sendiri. APE tersebut dibuat berupa gambar-gambar agar anak bisa mudah dalam memahami materi yang disampaika oleh guru PAUD. Berikut artikel terkait berupa APE agar proses pembelajaran berjalan dengan optimal.
  1. RPPM PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. RPPH PAUD Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  3. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  4. RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya untuk guru PAUD dalam kelengkapan administrasi guru/kelas yang begitu banyak, namun harus tetap dikerjakan salah satunya berkaitan dengan artikel ini yaitu pembuatan RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar