RPPH PAUD Tema Lingkunganku Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH PAUD Tema Lingkunganku Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang kita kenal dengan singkatan RPP merupakan salah satu administrasi guru yang wajib dibuat oleh guru disemua jenjang baik jenjang paling bawah ataupun tingkat menengah. Tingkat yang paling bawah pada jenjang pendidikan yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan Taman Penitipan Anak (TPA) dan lainnya yang sederajat dengan PAUD. Namun ada yang beda pada jenjang PAUD yaitu ada 2 macam RPP yang harus dibuat yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Kedua RPP tersebut sebenarnya sama hanya saja perbedaannya terletak pada isi cakupannya, RPPM berisi rencana pembelajaran yang mencakup 1 (satu) minggu sedangkan RPPH  mencakup proses pembelajaran dalam 1 (satu) hari.

RPPH PAUD Tema Lingkunganku Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
RPPH PAUD Tema Lingkunganku Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Dalam kali ini kita aka membahas lebih mendalam mengenai RPPH PAUD pada tema Lingkungaku memakai Kurikulum 2013 di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. RPPH PAUD tema lingkunganku terdapat pada minggu ke 4, 5 dan 6 yang nantinya akan dijabarkan dalam beberapa sub tema. Pemetaan minggu ke 4,5 dan 6 dilihat dari Promes PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang telah dibuat sebelumnya diawal semester. Untuk Sub tema nantinya akan dijadikan menjadi RPPM. Setiap sub tema dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema yang akan dijadikan menjadi RPPH. Jadi setiap sub-sub tema aadalah materi dari RPPH, untuk lebih jelasnya bisa anda lihat sebagai berikut mengenai penjabaran dari sub tema ke sub-sub tema. 


RPPH PAUD Tema Lingkungaku Kurikulum 2013, terdapat 3 sub tema yaitu sebagai berikut ini.
  1. Sub tema 1 / Minggu ke 4 adalah Keluarga;
  2. Sub tema 2 / Minggu ke 5 adalah Rumahku; dan
  3. Sub tema 3 / Minggu ke 6 adalah Sekolahku.
Setiap sub tema dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema yaitu sebagai berikut ini.
  • Sub tema Keluarga :
  1. Ibu;
  2. Ayah;
  3. Di rumah;
  4. Adik Bayi;
  5. Binatang Piaraan; dan
  6. Kebiasaan dirumah.
  • Sub tema Rumahku :
  1. Bagian-bagian rumah;
  2. Ruangan dalam rumah';
  3. Kursi;
  4. Kamar tidur;
  5. Ruang sholat; dan
  6. Tetangga.
  • Sub tema Sekolahku :
  1. Berangkat sekolah;
  2. Seragam sekolah;
  3. Alat-alat sekolah;
  4. Alat permainan edukatif;
  5. APE Indoor; dan
  6. APE Outdoor.
Baca juga :
Gambar-gambar diatas merupakan hanya contoh saja bagi anda yang membutuhkannya sebagai bahan ajar pada waktu proses pembelajaran di kelas yang dapat anda manfaatkan. Gambar tersebut masih dalam tema lingkunganku dengan sub tema yang berbeda-beda. Apabila anda membutuhkannya silahkan ambi dan cari, tetapi maaf apabila ada kekeliruan atau kekurangan dalam penentuan gambar mewarnai tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai RPPH PAUD Tema Lingkunganku bisa anda lihat secara langsung dalam file yang telah kami buat pada format Microsoft Word. File RPPH PAUD tersebut berukuran kecil kurang dari 5 Mb hanya saja kami bagi menjadi 3 file setiap file untuk sub tema yang berbeda-beda. File pertama sub tema keluargaku, file kedua rumahku dan file ketiga sekolahku, oleh karena itu kita langsung saja lihat RPPH PAUD Tema Lingkunganku yang telah kami buat sebagai berikut ini.
  1. RPPH PAUD Tema Lingkunganku Sub Tema Keluarga Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. RPPH PAUD Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  3. RPPH PAUD Tema Lingkunganku Sub Tema Sekolahku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
RPPH PAUD tersebut jangan dijadikan patokan secara nasional karena kami buat berdasarkan di daerah kami, mungkin saja didaerah anda berbeda maka lebih baik menggunakan RPPH yang ada didaerah anda. Untuk RPPH PAUD Semester 1 Tahun pelajaran 2020/2021 yang lainnya bisa anda lihat di artikel sebelumnya.


Semoga artikel yang kami buat ini bejudul RPPH PAUD Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa menjadi referensi untuk anda dalam membuat RPPH PAUD tersebut dan mohon maaf apabila ada kekurangan dari segi bahasa dan penulisan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Tema Lingkunganku Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar