RPPM PAUD TEMA DIRI SENDIRI/DIRIKU MINGGU KE 1,2,3 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPM PAUD TEMA DIRI SENDIRI/DIRIKU MINGGU KE 1,2,3 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Segala sesuatu kegiatan dibutuhkan sebuah perencanaan agar berjalan dengan optimal, salah satunya didunia pendidikan dalam proses pembelajaran guru harus membuat sebuah perencanaan yang dinamakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini wajib dibuat oleh semua guru baik dari jenjang paling bawah yaitu PAUD sampai ke jenjang atas yaitu Sekolah Menenga Atas bahkan Perguruan Tinggi. Namun ada yang berbeda dari jenjang-jenjang pendidikan tersebut yaitu pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Perbedaannya adalah perencanaan dalam jenjang PAUD terdiri dari 2 macam sedangkan jenjang yang lainnya hanya satu yaitu RPP. Kedua RPP dalam jenjang PAUD yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kedua RPP tersebut sebenarnya sama hanya saja perbedaannya terletak dari isi dan lingkup waktu saja. RPPM berisi Skenario pembelajaran dalam satu minggu sedangkan RPPH berisi skenario dalam satu hari. Namun keduanya saling bekaitan satu sama lain, untuk membuat RPPH dibutuhkan RPPM. Jadi sebelum membuat RPPH kita harus membuat RPPM terlebih dahulu.
RPPM PAUD TEMA DIRI SENDIRI/DIRIKU MINGGU KE 1,2,3 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
RPPM PAUD TEMA DIRI SENDIRI/DIRIKU MINGGU KE 1,2,3 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPM merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang berlaku dijenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Penitipan Anak (TPA) serta lainnya yang sederajat. RPPM adalah salah satu administrasi guru PAUD yang tidak kalah dengan administrasi yang lainnya karena RPPM ini berisi mengenai proses perencanaan pembelajaran dari awal hingga akhir atau dari salam hingga penutup. Tanpa adanya perencanaan proses pembelajaran tidak berjalan dengan optimal, kita tahu dijenjang PAUD guru diharapkan dengan anak didik yang masih belia atau tidak tahu apa-apa ibarat seperti kertas kosong. Apabila tidak dibuat sebuah perencanaan maka guru PAUD tersebut tidak akan tahu apa yang harus dilakukan karena tanpa persiapan apapun. Untuk itu sangat penting sekali guru PAUD membuat perencanaan Mingguan.

Dalam pembuatan RPPM kita harus melihat Prota dan Promes yang sebelumnya telah dibuat, namun anda tidak perlu khawatir karena kami sudah membuat di artikel sebelumnya, anda tinggal menyimak dan mengambil contoh Prota dan Promes di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.


Kembali lagi kita bahas mengenai RPPM, RPPM yang akan kita bahas dalam kali ini yaitu RPPM PAUD dalam Tema Diri Sendiri/Diriku  di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. RPPM PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku terdapat pada minggu ke 1,2, dan 3 atau diawal ajaran baru Semester 1. Setiap Minggu berbeda-beda materi tergantung dengan sub tema yang sudah ditetapkan pada Promes. Apabila kita melihat Promes semester 1 maka kita akan mengetahui sub tema dari tema Diri Sendiri/Diriku yaitu sebagai berikut ini.
  1. Minggu ke 1 sub tema Identitas Diri
  2. Minggu ke 2 sub tema Tubuhku
  3. Minggu ke 3 sub tema Panca Indra
Baca juga :
  1. RPPM PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. RPPM PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  3. RPPM PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021: dan
  4. RPPM PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Ketiga sub tema diatas nantinya akan dijadikan RPPM PAUD tema Diri Sendiri/Diriku pada Minggu ke 1, 2 dan 3 yang masing-masing menjadi 3 RPPM. Kami sudah membuat RPPM PAUD tersebut yang kami rangkum dan jadikan satu file dalam bentuk tabel pada format Microsoft Word sehingga anda dengan mudah mengoperasikannya. Dalam RPPM PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku ini kami buat berdasarkan Kurikulum 2013 terbaru dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD. Jadi anda tidak perlu khawatir akan RPPM PAUD yang kami buat ini, namun kami kembalikan lagi ke anda memang setiap daerah berbeda-beda format untuk itu jangan dijadikan patokan secara nasional tetapi RPPM PAUD Tema Diri Sendiri ini jadikan sebagai contoh atau referensi dalam pembuatan RPPM PAUD yang akan dibuat. Berikut RPPM PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.


Untuk RPPM/RPPH PAUD yang lainnya anda tinggal lihat di artikel pada ARSIP PAUD, karena setiap saat akan ada berita terbaru mengenai Administrasi Guru PAUD. 


Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat bagi anda semua khususnya untuk guru dijenjang PAUD yang sedang disibukkan dengan pembuatan Administrasi Guru/Kelas yang begitu banyaknya walaupun sekarang ini sedang masa pandemi virus Corona-19 dan ada kabar bahwa pembelajaran tatap muka pada jenjang PAUD akan diselenggarakan pada bulan Januari tahun 2021. Walaupun begitu guru PAUD tetap dianjurkan untuk tetap membuat administrasi Guru PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD TEMA DIRI SENDIRI/DIRIKU MINGGU KE 1,2,3 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar