RPPM PAUD TEMA BINATANG MINGGU KE 11,12,13 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPM PAUD TEMA BINATANG MINGGU KE 11,12,13 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu perencanaan agar kegitan tersebut berjalan dengan optimal dan terdapat feedback yang baik dari siswa. Perencanaan tersebut disebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP disemua jenjang pendidikan pasti ada, karena membuat RPP merupakan salah satu Tugas Pokok Fungsional (TUPOKSI) sebagai seorang guru . Pembuatan RPP tidak ada pengecualian semua guru disemua jenjang wajib membuatnya, baik itu dijenjang PAUD, SD, SMP, SMA bahkan Perguruan Tinggi sekalipun. Dari semua jenjang yang ada, ada jenjang pendidikan yang berbeda dari jenjang yang lain perihal RPP yaitu jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Perbedaannya yaitu dalam PAUD terdapat 2 Jenis RPP, dibandingkan yang lainnya hanya 1 saja yang disebut RPP. Kedua jenis RPP tersebut antara lain : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM).

RPPM PAUD TEMA BINATANG MINGGU KE 11,12,13 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
RPPM PAUD TEMA BINATANG MINGGU KE 11,12,13 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Antara RPPM dan RPPH keduanya sama hanya saja perbedaannya terletak pada lingkup waktu dalam pelaksanaanya. RPPH berisi skenario pembelajaran dalam sehari sedangkan RPPM berisi seminggu proses pembelajaran. Namun perbedaan tersebut antara keduanya saling berkaitan satu sama lain. Untuk membuat RPPH kita harus melihat skenario dari RPPM terlebih dahulu sehingga urutan yang benar dalam pembuatan Administrasi PAUD yaitu kita membuat RPPM baru kita dapat membuat RPPH. Begitu pentingnya RPPM PAUD maka kali ini kita akan membahas RPPM lebih mendalam.


RPPM PAUD yang akan kita bahas kali ini adalah dalam tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam pembuatan RPPM harus melihat Prota dan Promes/Prosem PAUD yang telah dibuat sebelumnya. Karena sekarang ini di semester1 maka kita mengacu pada Promes PAUD semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada Promes PAUD yang telah kami buat pada artikel sebelumnya.
Baca juga
Setelah kita melihat Prota dan Promes PAUD semester 1, ternyata untuk tema binatang terletak pada minggu ke 11, 12, dan 13 dari minggu efektif. Jadi pelaksanaan pembelajaran untuk tema binatang yang dijabarkan menjadi sub tema dan dilaksanakan pada minggu ke 11, 12, dan 13. Sub tema tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Minggu ke 11, sub tema Binatang yang hidup Darat;
  2. Minggu ke 12, sub tema Binatang yang hidup di Air; dan
  3. Minggu ke 13, sub tema Binatang yang bisa terbang.
Katiga subtema diatas nantinya akan dijadikan sebagai RPPM PAUD pada setiap minggu dengan materi yang berbeda-beda namun masih pada tema yang sama yaitu tema Binatang. RPPM PAUD tersebut sudah kami siapkan dengan menggunakan model tabel dalam format Microsoft Word. Format RPPM PAUD yang kami buat ini sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud yaitu hanya 1 halaman saja setiap membuat RPPM. Jadi anda tidak perlu khawatir, karena yang kami buat ini sesuai aturan dari pemerintah.
Temukan juga RPPM PAUD yang lainnya masih dalam semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terbaru dalam format tabel sebagai berikut.
Baca juga :
Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi guru PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA yang kesulitan dalam melengkapi administrasi guru PAUD yang begitu banyaknya. RPPM PAUD tema Binatang ini hanyalah sebagai contoh atau referensi untuk anda, bukan patokan secara nasional. Tiada gading yang tidak retak begitu pula dengan pembuatan artikel ini yang pastinya ada kekurangan dari segi tata bahasa dan lainnya kami sebagai admin Arsip PAUD mohon maaf.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD TEMA BINATANG MINGGU KE 11,12,13 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar