RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam dunia pendidikan pasti tidak asing dengan yang namanya RPPH. RPPH merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang berlaku di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jenjang PAUD meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) serta lainnya yang sederajat dengan jenjang PAUD. RPPH PAUD merupakan salah satu administrasi guru PAUD yang wajib dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Dengan membuat RPPH berarti guru tersebut sudah siap dalam mengajar dikelas. RPPH ini berisi mengenai skenario pembelajaran, sehingga dengan membuat RPPH guru akan melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal dan optimal serta akan mendapatkan hasil sesuai dengan rencana yang diinginkannya. 
RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH PAUD yang akan kita bahas kali ini adalah RPPH dalam tema binatang. Kita memilih tema binatang karena tema tersebut salah satu dari tema dalam PAUD yang wajib diajarkan dikelas di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penentuan tema ini sudah ditentukan secara nasional, hanya saja berlaku pada Kurikulum 2013 sejak tahun 2014 dalam Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD. Dalam membuat RPPH PAUD kita harus melihat atau membuat terlebih dahulu pada RPPM dan Promes PAUD. Karena secara sistematis di awal semester guru PAUD harus membuat Program Semester (PROMES/PROSEM) terlebih dahulu terus RPPM lalu baru bisa membuat RPPH.
Baca juga :
Setelah memebuat RPPM tema binatang maka barulah kita bisa membuat RPPH PAUD tema binatang. RPPH PAUD tema binatang dilaksanakan pada minggu ke 11,12, dan 13 di semester 1. Tema binatang ini dijabarkan menjadi sub tema dan sub tema dijabarkan menjadi sub-sub tema. Setiap sub-sub tema inilah nantinya akan dijadikan sebagai RPPH. Untuk itu mari kita simak lebih dalam penjabaran dari tema binatang.
  1. Sub Tema Binatang Hidup di Darat;
  2. Sub Tema Binatang Hidup di Air;
  3. Sub Tema Binatang yang bisa Terbang.
Ketiga sub tema diatas dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema yaitu sebagai berikut.

1. Sub Tema Binatang Hidup di Darat, dijabarkan menjadi sub-sub tema :
  • Berkaki Dua,
  • Berkaki Empat, dan
  • Binatang Melata.
2. Sub Tema Binatang Hidup di Air, dijabarkan menjadi sub-sub tema :
  • Jenis Binatang Air,
  • Ikan,
  • Binatang Air Asin,
  • Kura-kura, dan
  • Binatang Air Tawar.
3. Sub Tema Binatang yang bisa terbang, dijabarkan menjadi sub-sub tema :
  • Burung,
  • Burung Dara,
  • Kupu-kupu,
  • Capung,
  • Lebah,
  • Nyamuk, dan
  • Lalat.
Penentuan sub-sub tema dari tema binatang bisa anda tentukan sesuai keinginan anda sendiri asalkan tidak jauh menyimpang dengan tema yang akan diajarkan. Namun apabila anda ingin seperti sub-sub tema diatas dalam pembuatan RPPH PAUD tema binatang, kami sudah membuat dan mempersiapkannya dalam 3 file. File tersebut masing-masing yaitu sebagai berikut.
  1. RPPH PAUD Tema Binatang Sub Tema Binatang Hidup di Darat;
  2. RPPH PAUD Tema Binatang Sub Tema Binatang Hidup di Air; dan
  3. RPPH PAUD Tema Binatang Sub Tema Binatang yang bisa Terbang.
Untuk RPPH PAUD tema yang lainnya masih dalam semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 telah kami buat dan siapkan di pertemuan sebelumnya, jadi anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. RPPH PAUD yang kami buat ini berdasarkan ketentuan dari Kemendikbud dengan model 1 lembar per RPPH. Berikut RPPH PAUD di semester 1 yang bisa dijadikan referensi untuk anda.

Baca juga :
Semoga artikel yang berjudul RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 ini bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya guru PAUD yang disibukkan dengan administrasi guru begitu banyaknya. Jadi semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda semua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar