RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. RPPH merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang berlaku di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi lembaga TK, KB, SPS dan TPA. RPPH PAUD adalah salah satu administrasi guru yang wajib dibuat oleh guru di jenjang PAUD dan pembuatan administrasi guru merupakan salah satu tugas pokok fungsional (TUPOKSI) guru yang harus dilaksanakan. RPPH PAUD berisi mengenai  rancangan proses pembelajaran dikelas dalam jangka waktu satu hari. Selain RPPH ada juga perencanaan yang lainnya di jenjang PAUD yaitu bernama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Antara RPPM dan RPPH sebenarnya keduanya sama, hanya saja perbedaannya pada rentang waktu isi perencanaan. Kalau RPPM rentang waktu seminggu sedangkan RPPH hanya sehari seperti pada jenjang yang lainnya. Namun dalam artikel ini yang akan kita bahas adalah RPPH PAUD Tema Kebutuhanku di Semester 1 pada tahun pelajaran 2020/2021.
RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH tema kebutuhanku sebenarnya mudah diajarkan oleh peserta didik di jenjang PAUD, karena berkaitan dengan kebutuhannya dalam setiap hari. Tema kebutuhanku diterapkan dikelas pada minggu ke 7, 8, 9 dan 10 dari 17 minggu efektif di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Penentuan minggu ke berapa tema tersebut diterapkan tergantung dari pembuatan Program Semester dan Program Tahunan PAUD yang sebelumnya dibuat pada awal semester atau ajaran baru. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat terlebih dahulu Prota dan Promes PAUD sebelum membuat RPPH PAUD tema kebutuhanku. Sedangkan untuk penentuan minggu efektif dapat anda lihat pada Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD di tahun ajaran tersebut.

Baca juga :
  1. Program Tahunan (PROTA) PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  3. Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021.
Ketika anda sudah melihat secara pasti minggu ke berapakah tema kebutuhanku ini diterapkan dikelas, maka selanjutnya kita bisa memulai untuk membahas RPPH PAUD tema kebutuhanku. Tema kebutuhanku ini nantinya akan dijabarkan lagi menjadi sub tema. Untuk sub tema dari tema kebutuhanku yaitu antara lain.
  1. Minggu ke 7, sub tema Makanan;
  2. Minggu ke 8, sub tema Minuman;
  3. Minggu ke 9, sub tema Pakaian;dan
  4. Minggu ke 10, sub tema Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan.
Setiap sub tema diatas nantinya akan dijadikan sebagai RPPM, karena setiap RPP terdiri dari sub tema. Jadi untuk membuat RPPH tema kebutuhanku, anda harus membuat RPPM tema kebutuhanku terlebih dahulu. Setelah pembuatan RPPM tema kebutuhanku selesai barulah anda membuat RPPH, sebab sub tema digunakan sebagai RPPM dan RPPH dari sub-sub tema Setelah sub tema dari tema kebutuhanku dijabarkan, sub tema tersebut dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema. Sub-sub tema inilah yang akan kita buat sebagai materi di setiap RPPH PAUD. Berikut penjabaran sub-sub tema dari tema kebutuhanku.

  1. Sub tema Makanan (Makanan Pokok, Alat-alat memasak, Peralatan Makan, Tata tertib makan, Makanan Sehat, dan Menyajikan Makanan);
  2. Sub tema Minuman (Asal Minuman, Manfaat Minuman, Peralatan Minuman, Tata Tertib Minum, Cara Membuat Minuman, dan Cara Menyajikan Minuman);
  3. Sub tema Pakaian (Manfaat Pakaian, Seragam Sekolah, Cara Membuat Baju, Peralatan Menjahit, Perawatan Pakaian, dan Berpakaian Rapi); dan
  4. Sub tema Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan (Mandi, Menggosok Gigi, Menjaga Kesehatan, Toilet Training, dan Keamanan Diri).
Di dalam kurung pada setiap sub tema merupakan sub-sub tema dari tema kebutuhanku yang akan kita jadikan sebagai RPPH PAUD tema kebutuhanku di semester 1. Semua RPPH PAUD tersebut sudah kami buat semua hanya saja kami kelompokkan menjadi 3 (tiga) file, setiap file terdiri dari 6 (enam) RPPH PAUD sekaligus jadi anda tidak usah mencari satu per satu karena kami sudah mengelompokkan berdasarkan sub tema. Berikut file RPPH PAUD tema kebutuhanku di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

  1. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Sub Tema Makanan;
  2. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Sub Tema Minuman;
  3. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Sub Tema Pakaian; dan
  4. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Sub Tema Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan.
RPPH PAUD yang kami buat ini berdasarkan arahan dari Kemendikbud yaitu 1 RPPH hanya 1 lembar saja dan juga sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD. Untuk RPPH PAUD yang lainnya namun masih dalam semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 bisa anda lihat diartikel sebelumnya, tetapi untuk mempermudah hal tersebut bisa anda lihat dalam daftar RPPH PAUD yang akan kami berikan sebagai berikut.

Baca juga:
  1. RPPH PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. RPPH PAUD Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021;
  3. RPPH PAUD Tema Binatang Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  4. RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Semoga artikel yang berjudul "RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021" ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama guru di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS  dan TPA dalam membuat administrasi guru yang begitu banyaknya walaupun sekarang ini sedang dalam keadaan wabah Virus Corona namun tetap membuat administrasi guru di jenjang PAUD setiap hari

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar