RPPM PAUD TEMA LINGKUNGANKU MINGGU KE 4,5,6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RPPM PAUD TEMA LINGKUNGANKU MINGGU KE 4,5,6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Dalam dunia pendidikan pasti tidak asing dengan yang namanya administrasi kelas/guru, karena itu sudah menjadi makanan keseharian bagi guru. Pembuatan administrasi guru ini wajib dilakukan sebagai wujud dan rekaman proses pembelajaran di kelas secara tertulis. Salah satu administrasi guru yang tidak kalah pentingnya dengan yang lainnya yaitu pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau dikela RPP. RPP ini disemua jenjang membuat hanya saja di jenjang yang paling bawah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat 2 jenis RPP yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Kedua RPP tersebut dibedakan berdasarkan cakupan proses pembelajaran, RPPM berisi proses pembelajaran dalam 1 (satu) minggu sedangkan RPPH berisi proses pembelajaran dalam 1 (satu) hari. Namun kedua RPP tersebut saling berkaitan satu sama lain, isi dari RPPH diambil dari RPPM. Jadi sebelum membuat RPPH kita harus membuat RPPM terlebih dahulu. Maka dari itulah dalam kali ini kita akan membahas RPPM PAUD dengan tema lingkunganku.

RPPM PAUD Tema Lingkunganku Minggu Ke 4,5,6 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPM PAUD tema lingkunganku terdapat pada minggu ke 4,5 dan 6 dalam semester 1 jika dilihat dari kalender pendidikan (KALDIK) PAUD tahun pelajaran 2020/2021. Penentuan minggu tersebut berdasarkan KALDIK 2020/2021 dan Program Semester (PROMES) PAUD yang dibuat sebelumnya diawal semester. Apabila RPPM PAUD tema lingkunganku berada di semester 1 maka kita mengacu atau melihat pada PROMES/PROSEM PAUD di Semester 1 tahun pelajaran 2020/2021.
Dalam pembuatan RPPM PAUD tema lingkungankueri  yang terdapat pada minggu ke 4,5, dan 6 terdapat materi-materi yang berbeda disetiap minggunya. Materi-materi tersebut termasuk pada penjabaran tema yaitu sub tema. Sub-sub tema dari tema lingkunganku yaitu antara lain :
  1. Minggu ke 4, sub tema Keluarga;
  2. Minggu ke 5, sub tema Rumahku;
  3. Minggu ke 6, sub tema Sekolah.
Ketiga sub tema diatas nantinya akan dijadikan menjadi tiga RPPM sekaligus dalam satu file. Jadi satu RPPM mencakup 1 sub tema yang mana setiap sub tema berbeda-beda walaupun masih satu tema. Untuk itu kami sudah membuat RPPM PAUD tersebut dalam format Microsoft Word dengan model table. Dalam satu halaman terdapat satu RPPM PAUD, apabila ada tiga RPPM berarti hanya ada tiga halaman saja. Berikut filenya yang dapat dijadikan referensi untuk anda dalam membuat RPPM PAUD tema lingkunganku.


RPPM PAUD diatas hanyalah sebagai contoh saja, tidak bersifat harus seperti yang kami bagikan karena kita tahu ada juga di daerah lain menggunakan format yang berbeda-beda. Oleh karena itu RPPM PAUD tema lingkunganku ini jangan dijadikan patokan. Sesuaikan format anda dengan lingkungan sekitar PAUD anda agar terciptanya keseragaman dalam pembuatan administrasi guru/kelas di jenjang PAUD.

Anda juga bisa melihat RPPM atau artikel terkait di website ARSIP PAUD kami ini, karena website ARSIP PAUD hanya berisi informasi mengenai administrasi PAUD dan informasi terkini dalam dunia PAUD.
Baca juga :
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu khususnya untuk guru PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA serta lainnya yang masih sederajat dalam pembuatan Administrasi guru PAUD yang begitu banyak. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD TEMA LINGKUNGANKU MINGGU KE 4,5,6 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar