RPPH TK A DAN B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS POHON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RPPH TK A DAN B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS POHON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi lembaga TK, TPA, SPS,dan KB menggunakan tema dalam Kurikulum 2013 namun tidak semua menggunakan Kurikulum tersebut ada juga yang menggunakan kurikulum yang lama yaitu KTSP dan pemilihan Kurikulum tersebut berdasarkan kesiapan dan kemampuan setiap lembaga. Kedua kurikulum tersebut sebenarnya sama namun berbeda namanya saja contohnya pada Kurikulum KTSP terdapat Rencana Kegiatan Harian (RKH) sedangkan Kurikulum 2013 berubah menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Untuk RPPH dan RKH strukturnya sama namun ada pembaharuan dari isi RPPH. Isi RPPH sudah diatur berdasarkan Peraturan Mendikbud Nomor 137 Tahun 2013 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
RPPH TK A DAN B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS POHON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
RPPH TK A DAN B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS POHON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
RPPH itu sendiri diambil dari RPPM yang dibuat sebelumnya, jadi sebelum membuat RPPH terlebih dahulu membuat RPPM. Sedangkan RPPM diambil dari Prota dan Promes pada semester dan tahun pelajaran pada saat itu atau yang baru. Dalam pembuatan RPPH, terdapat tema dan sub tema berdasarkan pada RPPM yang disesuaikan dengan minggu efektif. Karena ini minggu ke 14 semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 maka yang kita gunakan adalah tema Tanaman Sub Tema Jenis Pohon. Dari sub menu tersebut nantinya akan dijabarkan menjadi sub-sub menu. Untuk sub-sub menu dari sub menu jenis pohon adalah sebagai berikut.

1. Hari Senin, berkayu dan tidak berkayu
2. Hari Selasa, berkayu
3. Hari Rabu, tidak berkayu
4. Hari Kamis, tidak berkayu
5. Hari Jum'at, berbuah
6. Hari Sabtu, tidak berbuah

Dari sub-sub tema diatas akan dijadikan sebuah RPPH PAUD/TK dalam minggu ke 14 semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Satu sub-sub tema nantinya dijadikan satu RPPH atau satu hari dalam proses pembelajaran di kelas Proses pembelajaran dalam RPPH PAUD/TK Tema Tanaman Sub Tema Jenis Pohon dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 19 Oktober 2019.
(Baca juga artikel terkait seperti: RPPM PAUD TEMA TANAMAN SEMESTER 1 KURIKULUM 2013)
Kami sudah membuat RPPH PAUD/TK tersebut sesuai waktu yang ada pada minggu ke 14 tahun pelajaran 2019/2020, RPPH yang kami buat ini menggunakan format deskripsi seperti RPPH pada jenjang SD/SMP walaupun tahun lalu kita menggunakan format tabel yang begitu simpel dan ringkas. Kami membuat RPPH tersebut dalam bentuk Microsoft Word dengan ukuran kurang dari 3 Mb. Apabila bunda membutuhkan file RPPH PAUD/TK bisa bunda ambil di file yang sudah kami simpan dalam Google Drive berikut ini.

Untuk RPPH TK terdapat 2 kelompok berdasarkan umur peserta didik/siswa, kelompok A berkisaran umur 4 sampai 5 tahun sedangkan kelompol B dengan umur 5 sampai 6 tahun. Sehingga kami membuat RPPH PAUD /TK terbagi menjadi 2 file kelompok A dan kelompok B, antara isi dari kelompok A dan B sama hanya saja berbeda KD dan kesulitan materinya, semakin tinggi umur siswa semakin sulit pula materi yang diajarkan dan untuk menyakinkan masalah KD yang berbeda, bunda bisa melihat sendiri dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.
(Baca juga artikel terkait : Contoh Gambar-Gambar Mewarnai Tema Tanaman Sub Tema Jenis Pohon)
Semoga artikel yang berjudul RPPH TK A dan B Tema Tanaman Sub Tema Jenis Pohon Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 bisa bermanfaat bagi anda semua terutama guru di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS dan TPA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK A DAN B TEMA TANAMAN SUB TEMA JENIS POHON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Posting Komentar