Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013

Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013. Tugas pokok fungsional guru selain mengajar dan mendidik siswa adalah melakukan penilaian. Penilaian merupakan tolak guru bagi dalam mengetahui kemampuan siswa sejauh mana mereka bisa memahami apa yang sudah diterangkan guru di depan kelas. Setiap jenjang pendidikan melakukan proses penilaian yang berbeda-beda misalkan saja di jenjang PAUD baik dalam lembaga KB, TK, SPS, TPA dan lainnya dalam melakukan proses penilaian berbeda dengan jenjang lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada waktu mengisi nilai pada peserta didik yang akan dinilai. Dalam pengisian nilai pada jenjang PAUD tidak menggunakan penskoran atau angka, namun menggunakan kategori.
Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Kategori yang dimaksud dalam melakukan proses penilaian pada jenjang PAUD adalah sebagai berikut. 
  1. BB, Belum Berkembang artinya siswa akan melakukan sesuatu apabila guru memberi contoh;
  2. MB, Mulai Berkembang maksudnya siswa dapat melakukan sesuatu apabila diingatkan oleh gurunya;
  3. BSH, Berkembang Sesuai Harapan adalah siswa dapat melakukan sesuatu dengan mandiri tanpa diingatkan oleh gurunya.
  4. BSB, Berkembang Sangat Baik artinya siswa dapat melakukan sesuatu dengan mandiri tanpa diingatkan oleh gurunya dan dapat membantu teman lainnya.
Disamping menggunakan kategori dalam penilaian harian, mingguan, bulanan dan semester tetapi ada program yang menjadi tujuan penilaian dalam mengetahui perkembangan siswa.  Program perkembangan tersebut antara lain : Fisik Motorik, Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Sosial Emosional, Bahasa dan Seni. Program perkembangan tersebit tertuang pada penilaian harian, dari penilaian harian di rekap menjadi penilaian mingguan, dari penilaian mingguan direkap menjadi penilaian bulanan dan terakhir di rekap kembali menjadi penilaian semester. Jadi antara proses penilaian satu dengan yang lain saling terkait satu sama lain. Namun dalam kali ini yang akan kita bahas adalah penilaian bulanan PAUD. Penilaian Bulanan PAUD menggunakan format yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 dengan menggunakan Kurikulum 2013 yang terbaru.
Untuk mempermudah hal tersebut format Peniaian Bulanan PAUD sudah kami buat walaupun kita tahu untuk format berbeda-beda antara lembaga satu dengan lainnya namun yang kami buat ini berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terbaru pada Kurikulum 2013. Dalam format tersebut kami gunakan program Microsoft Word yang mudah untuk digunakan dan operasikan. Jadi apabilan anda mnginginkan file tersebut bisa anda ambi di Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020.
Baca artikel yang terkait seperti  :
1. Format Penilaian Harian PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013
2. Format Penilaian Mingguan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013
3. Format Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013
Semoga artikel yang berjudul Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013 ini bisa menjadi referensi bagi anda terutama bagi Guru PAUD di jenjang TK, SPS, TPA, dan KB dan bermanfaat dalam kelengkapan administrasi PAUD di masing-masing lembaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 Kurikulum 2013"

Posting Komentar