Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020

Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020. Penilaian merupakan salah satu tugas pokok fungsional yang wajib untuk dilaksanakan   bagi guru di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di lembaga Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Pendidikan Anak (TPA), dan  Taman Kanak-Kanak. Penilaian adalah sebagai tolak ukur dalam proses pembelajaran baik yang dilakukan sebelum, pada saat dan setelah pembelajaran. Tanpa adanya suatu penilaian guru PAUD tidak tahu dengan perkembangan anak dari waktu ke waktu. Biasanya guru PAUD akan memberikan hasil penilaian siswa di akhir semester berupa rapor. Pada nilai yang tertera pada rapor merupakan penilaian harian yang direkap menjadi penilaian semester PAUD. Namun guru harus tahu format yang terbaru sesuai dengan kurikulum 2013 di Tahun Pelajaran 2019/2020.
Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020
Proses penilaian PAUD terdapat 3 macam penilaian berdasarkan waktu yaitu, Penilaian Harian, Mingguan, Bulanan dan Semester PAUD. Penilaian Harian dilakukan pada waktu proses pembelajaran berlangsung dalam alokasi waktu baik penilaian afektif, motorik, sosial, bahasa, pengetahuan dan keterampilan semua tertuang dalam satu hari dan hal tersebut di masukkan dalam format Penilaian Harian. Untuk Penilaian Mingguan merupakan rekapitulasi dari penilaian harian, selama 6 atau 5 hari efektif proses penilaian tersebut dan Penilaian Bulanan adalah rekapitulasi dari Penilaian Mingguan yang dijadikan satu dalam Penilaian Bulanan sedangkan Penilaian Semester adalah rekapitulasi dari penilaian Bulanan dan nilain ini nantinya akan dimasukkan ke dalam Rapor siswa pada waktu di akhir semester.
Baca artikel terkait : Format Penilaian Harian PAUD Sesuai Kurikulum 2013 dan Format Penilaian Mingguan PAUD terbaru Sesuai Kurikulum 2013
Dalam format penilaian semester terdapat format terbaru sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menggunakan tabel dengan kolom bertuliskan sebagai berikut.
1. Program Pengembangan
2. Kompetensi Inti
3. Kompetensi Dasar
4. Nama Bulan, contoh : Juli, Agustus, September, Oktober,dll
5. Jumlah Minggu pada setiap bulan, misalkan bulan Juli ada 5 minggu berarti dibawah bulan Juli ada 5 kolom.
Format Penilaian Semester PAUD ini bentuknya sama halnya pada pembuatan Program Semester atau Promes yang menyesuaikan minggu efektif pada Kalender Pendidikan yang terbaru yaitu Tahun Pelajaran 2019/2020. Format Penilaian Semester PAUD harus sesuai dengan peraturan terbaru pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD. Berikut format penilaian semester pada Jenjang PAUD yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam kelengkapan Administrasi Guru PAUD, Format Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020.
Semoga artikel yang berjudul Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020 ini bisa menjadi referensi bagi guru PAUD dalam pembuatan Administrasi PAUD yang begitu banyak.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Tahun Pelajaran 2019/2020"

Posting Komentar