Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013

Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013. Setiap peserta didik pastinya mempunyai sikap dan perilaku yang berbeda-beda, walaupun anak kembar sekalipun dari segi fisik belum tentu sama satu sama lain, perbedaan tersebut biasanya terdapat pada sikap dan perilaku anak. Begitupula pada peserta didik di jenjang PAUD baik lembaga TK, KB, SPS, TPA dan lainnya yang masih bernanung pada jenjang PAUD yang mana peserta didik pada lembaga-lembaga tersebut masih berusia pra sekolah atau mencoba hal-hal yang baru dari yang diamati siswa pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Banyak sikap dan perilaku siswa yang keluar dengan beraneka ragam pada saat itulah guru PAUD mencatat semua hal yang terjadi walaupun datang secara mendadak. Catatan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai salah satu bentuk administrasi guru PAUD yang harus ada pada setiap guru yang dikenal dengan Catatan Anekdot PAUD. Catatan Anekdot PAUD merupakan sebuah catatan dari guru PAUD yang diamati secara langsung baik sikap dan perilaku siswa yang datang secara tiba-tiba. Kejadian yang dicatat oleh guru tidaklah semua kejadian harus dicatat namun hanya kejadian khusus dan jarang terjadi. Semua siswa pasti mempunyai keunikan tersendiri dalam segi sikap dan perilaku dan dapat berubah sewaktu-waktu. 
Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013
Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013
Catatan Anekdot PAUD terbagi menjadi 2 macam yaitu : Catatan Anekdot Instrumental dan Catatan Anekdot Periodik. Catatan Anekdot PAUD Instrumental merupakan Catatan kejadian khusus yang terjadi pada siswa PAUD di luar proses pembelajaran berlangsung atau tepatnya di waktu istirahat berlangsung sedangkan Catatan Anekdot Periodik PAUD merupakan sebuah catatan khusus yang dicatat secara tertulis dilakukan oleh guru dari pengamatan langsung terhadap siswa pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Catatan Anekdot bersifat Obyektif sehingga ini bukan mengandung sebuah kesimpulan atau pendapat sendiri walaupun kelemahan dan kekurangan catatan anekdot ini adalah guru PAUD harus bersabar menunggu karena perilaku dan sikap siswa baik negatif dan positif datang secara tiba-tiba. Catatan Anekdot ditulis secara singkat tidak seperti deskripsi pada Rapor atau catatan yang lainnya. Memang dalam pencatatan dan format Catatan Anekdot bermacam-macam format dan bentuk namun yang kami buat ini lebih simple dan terbaru yaitu menggunakan format tabel. Format Catatan Anekdot PAUD ini adalah yang terbaru sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD. Walaupun ada juga format yang lain namun kami memilih format ini karena sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud dan Dirjen PAUDNI yang terbaru dalam Kurikulum 2013. 
Baca artikel terkait seperti : Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD Kurikulum 2013.
Dalam format tabel Catatan Anekdot PAUD kami sudah buat dengan beberapa kolom yang harus diisi yaitu antara lain : Nama Anak, Tempat, Waktu, dan Peristiwa atau Perilaku. Dalam penulisan peristiwa atau perilaku jangan terlalu panjang cukup ditulis secara singkat, padat dan jelas. Untuk mendapatkan file Format Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013 bisa anda dapatkan yang sudah kami buat dalam bentuk Microsoft Word. Berikut Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013.

Baca juga administrasi guru PAUD lainnya seperti :
Semoga artikel yang berjudul Format Terbaru Catatan Anedot PAUD Kurikulum 2013 bisa menjadi referensi bagi anda dalam kelengkapan administrasi guru di Jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA. Dalam blog Arsip PAUD ini banyak sekali terdapat administrasi guru PAUD yang dapat diambil sesuai kebutuhan bunda-bunda semua baik yang terbaru di tahun pelajaran 2019/2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Terbaru Catatan Anekdot PAUD Kurikulum 2013"

Posting Komentar