RPPH TK A-B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013

RPPH TK A-B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013. RPPH merupakan kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang berlaku di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA. RPPH ini merupakan salah satu administrasi guru PAUD yang tidak kalah pentingnya dengan administrasi yang lainnya. Memang banyak sekali administrasi guru PAUD/TK yang harus dibuat dan dikerjakan namun RPPH ini dibuat setiap hari. RPPH dibuat untuk skenario pembelajaran pertemuan yang akan datang atau besok. Tanpa adanya RPPH ini guru PAUD/TK tidak akan bisa mengajar dengan maksimal di hadapan murid/siswa. Dengan pembuatan RPPH sebelum proses pembelajaran berlangsung, guru akan tahu apa yang harus dilakukan kedepannya dan tidak akan canggung dan bingung di depan kelas. Ketika semua sudah dipersiapkan yang tertulis dalam RPPH, maka guru akan dapat mengajar dan mendidik siswa dengan tepat dan berjalan sesuai keinginan guru.
RPPH TK A-B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013
RPPH TK A-B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013
Di dalam RPPH terdapat Tema dan Sub Tema yang diajarkan disetiap minggu dan hari yang berbeda. Pengelompokkan dan penentuan tema atau sub tema ini berdasarkan RPPM yang dibuat sebelumnya. RPPM merupakan singkatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang berlaku satu minggu proses pembelajaran. Satu sub tema sama dengan satu RPPM sedangkan satu sub-sub tema nanti akan dijadikan RPPH. Jadi ketika kita akan membuat RPPH maka terlebih dahulu kita buat RPPM. 
Baca artikel terkait seperti : RPPM TK A-B Tema Tanaman Kurikulum 2013. 
Misalkan dalam minggu ini adalah minggu ke 15 ternyata terdapat Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu jadi nantinya terdapat sub-sub tema yang merupakan penjabaran dari Sub Tema Tanaman Hias dan Tanaman Perdu. Tanaman Hias merupakan tanaman yang bentuknya indah dilihat namun tidak menghasilkan buah tetapi keindahannya bisa kita lihat dari bunga dan daunnya yang berwarna-warni seperti : Mawar, Asoka dan lain-lain, sedangkan tanaman perdu merupakan tanaman yang ketinggiannya tidak kurang dari 6 atau 7 meter dan biasanya berbuah seperti Cabe, Tomat, Terong dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat sub-sub tema dari sub tema Tanaman Hias dan Tanaman Perdu.
  1. Sub tema Tanaman Hias dijabarkan menjadi Bunga, Manfaat Bunga, dan Melestarikan Lingkungan.
  2. Sub tema Tanaman Perdu meliputi Cabe, Tomat dan Terong.
Biasanya kita melihat satu sub tema untuk satu minggu, tetapi ini berbeda yaitu 2 (dua) sub tema untuk satu minggu. Pada sub-sub tema diatas bisa anda ganti dengan yang ada disekitar anda, karena alat peraga sangatlah penting terutama alat peraga yang berasal dari alam langsung sehingga siswa bisa memperhatikan dengan baik dan jelas seperti apa bentuknya, beda lagi apabila diperlihatkan alat peraga menggunakan gambar saja hasilnya kurang maksimal. Sub - sub tema diatas akan dijadikan sebagai RPPH TK A dan B dalam Sub Tema Tanaman Hias dan Tanaman Perdu yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Antara Kelompok A dan B sama hanya saja berbeda pada Kompetensi Dasarnya saja yang dapar anda lihat pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD.
Baca artikel terkait seperti: Standar Nasional PAUD Kurikulum 2013 dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.
Untuk itu kami sudah membuat RPPH TK A-B Sesuai dengan peraturan tersebut yang kami buat dalam format Microsoft Word. Format tersebut kami buat menggunakan Microsoft Word agar mudah digunakan, karena pastinya anda tidak asing sebagai guru PAUD dalam menggunakan Microsoft Word tersebut. Ukuran File RPPH TK A dan B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu tidaklah besar hanya kurang dari 3 Mb saja. Berikut file yang dapat ambil sebagai bahan referensi dalam administrasi Guru PAUD/TK. File RPPH TK/PAUD tersebut kami buat dengan 2 file dalam kelompok A dan B.

  1. RPPH TK A Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013;
  2. RPPH TK B Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013.
Karena ini adalah di semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 jadi kami buat menggunakan semester dan tahun pelajaran tersebut. RPPH TK A dan B tersebut silahkan anda edit sesuai dengan keinginan anda sendiri, asalkan tidak mengubah format yang ada. 
Baca juga RPPH Tema yang lainnya masih Tema Tanaman seperti : RPPH Tema A dan B Tema Tanaman Sub Tema Jenis Pohon.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan dan bagikan semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA. Artikel ini juga bertujuan untuk membantu guru PAUD dalam pembuatan administrasi Guru pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK A-B Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu Kurikulum 2013"

Posting Komentar