DESKRIPSI PENULISAN RAPORT JENJANG PAUD

DESKRIPSI PENULISAN RAPORT JENJANG PAUD. Setiap akhir semester biasanya setiap guru disibukkan dengan pembuatan sebuah Laporan rekapitulasi Peserta Didik yang kita kenal dengan istilah raport. Sistematika raport  pada setiap jenjang berbeda-beda, walaupun kurikulumnya sama. Untuk kurikulum sekarang yang berlaku adalah Kurikulum 2013 dari tingkat PAUD sampai SMA memakai Kurikulum 2013. Dalam Penulisan Raport pada Kurikulum 2013 identik dengan Deskripsi atau penjelasan pada setiap Kompetensi. Pada Jenjang PAUD itu sudah menjadi hal biasa apabila penulisan Raport dengan menggunakan Deskripsi, namun pada penulisan Deskripsi tidak sembarangan kita menulis dengan mengarang pada uraian deskripsi. Untuk deskripsi pada penulisan Raport Jenjang PAUD sudah diatur dalam Kemendikbud nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada jenjang PAUD memiliki kriteria Standar yang berbeda pada setiap Umur. Lingkup perkembangan pada jenjang PAUD terdiri dari :

1. Nilai Agama dan Moral
2. Fisik - Motorik : Motorik Kasar, Motorik Halus, Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
3. Kognitif : Lingkungan di sekitar dan menunjukkan reaksi atas rangsangan.
4. Bahasa : Mengeluarkan suara untuk menyatakan keinginan atau sebagai reaksi atas stimulan
5. Sosial-Emosional
6. Seni : Mampu membedakan antara bunyi dan suara, tertarik dengan suara atau musik, tertarik dengan berbagai karya seni.
Semua lingkup diatas pada jenjang PAUD memiliki penjelasan pada setiap kelompok usia peserta didik. 
Kelompok 1 : Usia lahir - 12 Bulan
Kelompok 2 :12 - 24 Bulan
Kelompok 3 : 2 - 4 Tahun
Kelompok 4 : 4 - 5 Tahun.
Setiap umur berbeda deskripsinya, maka dari itu untuk penulisan Deskripsi pada raport Jenjang PAUD harus sesuai perkembangan atau usia anak sesuai dengan Lampiran dari Permendikbud nomor 137 Tahun 2014.
Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat disini dengan format pdf. Peraturan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.
Semoga bermanfaat.
 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DESKRIPSI PENULISAN RAPORT JENJANG PAUD"

Posting Komentar