RPPH KB TEMA LINGKUNGAN ALAM SUB TEMA AIR SEMESTER 2

RPPH KELOMPOK BERMAIN (KB) TEMA LINGKUNGAN ALAM SUB TEMA AIR SEMESTER 2. Semua lembaga pendidikan misalnya adalah PAUD dari KB, SPS, TPA dan TK diwajibkan untuk membuat administrasi kelas. Salah satu adminitrasi kelas yang tidak kalah pentingnya dari administrasi lainnya yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajan (RPP). Ada keistimewaan tersendiri yang menjadi pembeda dengan jenjang lainnya pada pembuatan RPP di jenjang PAUD/KB yaitu RPP jenjang PAUD/KB terdiri dari 2 macam RPP yaitu antara lain :
  1. RPPH, merupakan kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, sesuai kepanjangannya ada kata harian berarti RPPH tersebut digunakan untuk 1 hari pembelajaran;
  2. RPPM, adalah kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, maksudnya RPPM ini berisi prosea pembelajaran selama 1 minggu.
    RPPH KB TEMA LINGKUNGAN ALAM SUB TEMA AIR SEMESTER 2
    RPPH KB TEMA LINGKUNGAN ALAM SUB TEMA AIR SEMESTER 2
Pembuatan RPPH tergantung dari RPPM, karena ketika membuat RPPH diambil dari RPPM oleh karena itu kita harus membuat RPPM dahulu baru membuat RPPH. Dalam pembuatan RPPM juga harus melihat uraian dari Program Semester (Promes/Prosem) yang terbaru pada waktu semester tahun ajaran baru berlangsung. Misalnya kita ambil sekarang di Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020, maka yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan RPPM dan RPPH PAUD/TK/KB yaitu Promes pada tahun tersebut, karena pada Promes tersebut terdapat uraian Tema dan Sub Tema selama 1 (satu) semester. (Baca artikel terkait : Promes PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020)
Dalam artikel kali ini kita akan membahas RPPH KB pada minggu ke 1 di Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk materi tema dan sub tema kita bisa melihat pada RPPM dan ternyata pada minggu ke 1 yaitu kita gunakan tema lingkungan alam sub tema air.
Sub tema air akan dijabarkan menjadi sub-sub tema atau fokus pembelajaran yang mana akan dijadikan sebagai materi pokok pada pembuatan RPPH PAUD/KB. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat fokus pembelajaran tersebut sebagai berikut ini.
  1. Hari Senin (Sentra Bahan Alam)
  2. Hari Selasa (Sentra Persiapan)
  3. Hari Rabu (Sentra Memasak)
  4. Hari Kamis (Sentra Bermain Peran)
  5. Hari Jum'at (Sentra Balok)
  6. Hari Sabtu (Sentra Musik dan Olah Tubuh)
Dalam fokus pembelajaran diatas bisa anda ubah dan ganti sesuai keinginan anda, namun masih ada kaitannya dengan sub tema air. Selain itu anda harus memperhatikan sekeliling sekolah anda sebagai bahan dalam penentuan fokus pembelajaran atau materi pokok yang akan diajarkannya, agar materi yang disampaikan bisa mudah dipahami secara langsung.
Dalam proses pembelajaran jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA tidak diperbolehkan ada materi latihan membaca dan berhitung namun diperbanyak permainan-permainan yang berkaitan dengan tema dan sub tema. Apabila ada materipun guru PAUD harus mempersiapkan alat peraga yang sesuai materi karena pola pikir anak usia dini baru prasekolah atau kognitif.
Dalam RPPH KB terdapat 2 kelompok berdasarkan usi peserta didik, yaitu Kelompok KB A dengan usia 2-3 tahun dan KB B dengan usia 3-4 tahun. Karena perbedaan usia tersebut jadi berpengaruh pada pembuatan RPPH KB yaitu menjadi 2 file. Berikut file RPPH KB/PAUD yang dapat dijadikan referensi.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua khususnya untuk guru PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA yang sekarang ini di awal ajaran baru disibukkan dalam pembuatan administrasi sekolah dan kelas. Kami selaku admin Arsip PAUD mohon maaf apabila ada kekurangan dalam artikel ini dan ada kekeliruan dari segi bahasa.
Baca RPPH yang sama tahun sebelumnya, seperti :

  1. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku Tahun 2018/2019
  2. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Anggota Keluargaku Tahun 2018/2019
  3. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Sekolahku Tahun 2018/2019
  4. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Jenis Rumah  Tahun 2018/2019
  5. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Bagian Perkakas Rumah Tahun 2018/2019
  6. RPPH KB Tema Lingkunganku Sub Tema Keluarga Tahun 2018/2019
Simak informasi selanjutnya mengenai semua administrasi kelas dan sekolah PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA disitus Arsip PAUD. Jangan sampai ketinggalan Bunda-bunda...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH KB TEMA LINGKUNGAN ALAM SUB TEMA AIR SEMESTER 2"

Posting Komentar