RPPH TK KELOMPOK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SUB TEMA RUMAHKU

RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku. Dalam segala hal kegiatan agar berjalan dengan optimal maka diperlukannya sebuah persiapan, salah satunya adalah perencanaan kegiatan tersebut. Contohnya saja di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mana seorang guru tersebut menghadapi anak yang tidak tahu apa-apa agar menjadi tahu apa yang ada di sekelilingnya maka guru harus mempersiapkan sebuah perencanaan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP pada jenjang PAUD memiliki 2 jenis yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). RPPH yaitu sebuah perencanaan yang mencakup 1 hari dalam proses pembelajaran sedangkan RPPM adalah sebuah perencanaan pembelajaran pada jenjang PAUD baik TK, KB, SPS dan TPA serta lainnya yang bernaung dalam jenjang Pra Sekolah atau PAUD. 
RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku Tahun 2019/2020
RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku Tahun 2019/2020
Dalam pembuatan RPPH TK harus berpatokan pada Program Semester (Promes/Prosem) dan Program Tahunan (Prota) karena sebelum membuat RPPH TK guru harus membuat Promes dan Prota di semester dan tahun pelajaran pada waktu itu.
Baca juga : Prota dan Promes PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 
RPPH dibuat tidak harus 1 hari 1 file tetapi bisa dibuat 6 hari atau 1 minggu dalam 1 file, itu untuk meringankan beban dan mengefisienkan waktu agar guru tidak setiap hari membuat RPPH namun bisa seminggu sekali hanya saja dalam satu minggu mencakup 6 RPPH TK. Untuk TK yang menggunakan 5 hari kerja bisa diubah menjadi 5 RPPH dalam 1 minggu. Karena ini sudah beranjak Minggu ke 5 di Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dalam proses pembelajaran sesuai dengan Kalender Pendidikan Taman Kanak-Kanak (Kaldik TK) yang mana setelah dilihat dikaldik tersebut terdapat 17 minggu efektif.
Baca artikel terkait : Kaldik PAUD dan TK Tahun Pelajaran 2019/2020
Dalam Minggu ke 5 untuk pembuatan RPPH TK ternyata ada pada Tema Lingkunganku dengan sub tema Rumahku. Sub Tema Rumahku berarti berkaitan dengan rumah dan nanti akan dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema dari rumahku. Untuk penentuan sub-sub tema jangan sampai jauh berbeda dengan Sub Tema terkait karena nantinya tidak mengenai dengan materi yang diajarkan. Sub-sub tema bisa ditentukan setiap guru tersendiri tidak harus sama, sesuai kainginan dari guru yang akan mengajar di kelas. Kami sudah membuat sub-sub tema tersebut berdasarkan pengalaman yang kami buat di tahun sebelumnya, jika anda ingin menggunakan RPPH TK yang kami buat bisa juga dijadikan referensi, berikut sub-sub tema dari sub tema rumahku antara lain : hari Senin Bagian-Bagian Rumah, Selasa Ruangan Dalam Rumah, Rabu Kursi, Kamis Kamar Tidur, Jum'at Ruang Sholat dan Sabtu Tetangga. Itu semua merupakan sebagai contoh sub -sub tema pada sub tema Rumahku, apabila anda ada gambaran yang lain bisa juga diubah sesuai keinginan anda. Untuk RPPH tema yang lain sudah kami buat di artikel sebelumnya.
Baca juga : RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Sub Tema Keluarga
Untuk RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Sub TemaRumahku sudah kami buat menggunakan format deskripsi yaitu terbaru sesuai Kurikulum 2013 di Tahun Pelajaran 2019/2020. RPPH TK tersebut kami buat menggunakan format Microsoft Word sehingga anda dapat mudah mengoperasikannya atau mengeditnya. File tersebut kami buat terpisah antara Kelompok A dan B sesuai tingkat kesusahan semakin tinggi kelompok tersebut semakin susah materinya jadi walaupun antara kelompok A dan B terdapat kesamaan di Tema dan Sub Tema bahkan di sub-sub tema namun dalam Kompetensi Dasar yang ditentukan berbeda. Berikut file RPPH TK tersebut kami simpan dalam Google Drive dengan ukuran kurang dari 2 atau 3 Mb.
  1. RPPH TK Kelompok A Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku
  2. RPPH TK Kelompok B Tema Lingkunganku Sub Tema Rumahku
Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat bagi anda semua khususnya untuk guru PAUD di jenjang TK, KB, SPS, dab TPA dalam pembuatan Administrasi Guru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK KELOMPOK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SUB TEMA RUMAHKU"

Posting Komentar