Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD Kurikulum 2013

Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD Kurikulum 2013. Dalam penilaian jenjang PAUD berbeda dengan jenjang lainnya yaitu jenjang PAUD tidak menggunakan angka dalam memberi nilai, namun dilihat dari capaian perkembangan. Proses penilaian anak di jenjang PAUD dilakukan pada saat proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran misalkan pada waktu istirahat. Setiap hari guru PAUD melakukan proses penilaian yang dilakukan secara pengamatan langsung, ketika ada perkembangan yang menonjol guru siap-siap untuk mencatat peristiwa tersebut biasanya ketika berinteraksi dengan guru, siswa dan orang tua. Untuk itu guru perlu menyiapkan lembar kerja penilaian berupa Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD berdasarkan indikator yang dinilai. Skala pencapaian perkembangan harian merupakan hasil pengamatan secara langsung dari perilaku anak berdasarkan indikator pada RPPH yang dilakukan secara checklist di Format Penilaian Harian PAUD.
Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD Kurikulum 2013
Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD Kurikulum 2013
Proses perkembangan anak ini berkesinambungan jadi mungkin hari ini belum terlihat perkembangan yang nampak tetapi suatu saat nanti bisa saja akan terlihat nampak jelas perkembangan anak untuk itu setiap hari guru PAUD mempunyai catatan-catatan perkembangan anak. Indikator yang dinilai melingkupi askep perkembangan yang ada di RPPH, Contohnya seperti 

  1. Terbiasa mengucapkan rasa syukur terhadap ciptaan Allah;
  2. Berdoa sebelum dan sesudah belajar;
  3. Terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi;
  4. Menyebutkan nama anggota tubuh dan fungsi anggota tubuh;
  5. Terbiasa merawat diri sesuai tatacaranya;
  6. Terbiasa berlaku ramah;
  7. Terbiasa mengikuti aturan;
  8. Mengelompokkan berdasarkan warna (merah, biru, kuning);
  9. Menjawab pertanyaan terkait cerita yang dibacakan;
  10. Menyanyikan lagu "Aku Ciptaan Allah".
Setelah indikator, kolom selanjutnya yaitu nama anak namun dibawahnya diisi dengan kategori penilaian pencapaian perkembangan. Kategori yang dimaksud menggunakan singkatan agar mempermudah dalam pengisian, seperti berikut ini.
1. BB (Belum Berkembang)
2. MB (Mulai Berkembang)
3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan)
4. BSB (Berkembang Sangat Baik)
Setelah mengisi kategori setiap siswa secara pengamatan oleh guru, yang ditulis adalah perkembangan yang baik jadi ketika belum terlihat perkembangan jangan ditulis namun menunggu ketika ada perubahan sikap dari siswa. Dalam pengisian kategiri disetiap siswa harus memperhatikan indikator yang ada, karena indikator tersebut dilihat dari RPPH dalam proses pembelajaran jadi guru PAUD harus jeli dan teliti pada setiap siswa. Untuk itu dalam satu kelas harus terdapat 2 guru yang bekerjasama dan membagi tugas, ada yang menjelaskan materi di depan kelas dan ada yang mengamati secara langsung untuk dimasukkan ke lembar penilaian Skala Pencapaian Harian PAUD.
Baca artikel terkait seperti :

  1. Format Terbaru Penilaian Harian PAUD sesuai Kurikulum 2013
  2. Format Terbaru Penilaian Mingguan PAUD Kurikulum 2013
  3. Format Terbaru Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013
  4. Format Terbaru Penilaian Semester PAUD Kurikulum 2013
Semua itu sudah kami susun menggunakan format penilaian skala pencapaian harian PAUD yang kami buat dengan fornat Microsoft Word. Jadi anda tinggal gantu sesuai nama lembaga, nama siswa dan indikator dilihat pada RPPH yang berkaitan, misalkan RPPH pada hari tersebut menggunakan tema diri sendiri dan sub tema anggota tubuh maka yang kita masukkan pada rincian kegiatan di RPPH tersebut. Berikut file Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian Anak PAUD sesuai Kurikulum 2013.
Baca juga artikel yang terkait seperti :

  1. Format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013
  2. Format Catatan Anekdot PAUD Terbaru Sesuai Kurikulum 2013
Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda khususnya guru PAUD baik di lembaga TK, KB, SPS, dan TPA dalam kelengkapan administrasi kelas. Kami selaku admin ARSIP PAUD mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan dan tata bahasa dalam penulisan artikel yang berjudul FORMAT PENILAIAN SKALA PENCAPAIAN PERKEMBANGAN HARIAN PAUD SESUAI KURIKULUM 2013.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Penilaian Skala Pencapaian Perkembangan Harian PAUD Kurikulum 2013"

Posting Komentar