Aplikasi Raport PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Aplikasi Rapor PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Tolak ukur seorang pendidik kepada anak didiknya atau murid adalah dilihat dari hasil penilaian yang diketahui setelah proses pembelajaran. Penilaian sekarang berbeda dengan penilaian dulu, kalau sekarang kita menggunakan Kurikulum 2013 yang mana pada kurikulum tersebut menggunakan predikat dan deskripsi baik jenjang PAUD, SD, SMP maupun SMA. Pada penilaian PAUD berbeda dengan jenjang yang lain yaitu dalam PAUD tidak menggunakan nilai angka akan tetapi bersifat proses sehingga tidak hanya dilakukan satu kali saja namun terus menerus secara berkesinambungan. 
Aplikasi Rapor PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
Aplikasi Rapor PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Penilaian pada PAUD dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, dan saat anak mengkomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya dan penilaian seperti ini dilakukan setiap hari baik pada waktu proses pembelajaran ataupun diluar pembelajaran seperti waktu istirahat. Jadi perlu diperhatikan bagi guru PAUD bahwa hasil karya peserta didik tidak dinilai bagus atau tidaknya tetapi dinilai dari kemajuan perkembangan yang dicapai peserta didik. Dalam penilaian PAUD menggunakan kategori seperti
  1. BB (Belum Berkembang), artinya apabila anak melakukan harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
  2. MB (Mulai Berkembang), artinya apabila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
  3. BSH (Berkembang Sesuai Harapan), artinya apabila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
  4. BSB (Berkembang Sangat Baik), apabila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan. 
Kategori penilaian diatas terdapat pada penilaian harian, mingguan, bulanan dan semester serta buku rapor PAUD Kurikulum 2013 yang diserahkan setiap akhir semester atau akhir tahun pelajaran.
1. Format Penilaian Harian (Baca Selengkapnya)
2. Format Penilaian Mingguan (Silahkan Baca)
3. Format Penilaian Bulanan (Baca Selengkapnya)
4. Format Penilaian Semester (Silahkan Baca)
Untuk mempermudah pembuatan raport PAUD setiap akhir semester maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang secara otomatis akan tersusun rapi dan tinggal an cetak. Aplikasi raport PAUD K13 ini kami buat menggunakan program Microsoft Excel yang biasa anda gunakan dalam pembuatan Administrasi Kelas lainnya. Tugas anda hanyalah merekap nilai dari Penilaian Harian, Mingguan, Bulanan dan hasil akhir pada Penilaian Semester, dari penilaian semester tersebut kita masukkan dalam Aplikasi Raport PAUD K13 terbaru. 
Cara menggunakan Aplikasi Raport PAUD K13 tersebut, anda tinggal memasukkan data peserta didik pada sheet pertama bertuliskan "Data Anak". Isi sesuai dengan keadaan yang ada secara lengkap jangan sampai ada kolom yang kosong. Kolom tersebut terdiri dari : Nomor, Nama Siswa, Berat Badan, Tinggi Badan, Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, Seni dan Kesimpulan Perkembangan. Aspek perkembangan tersebut diisi sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD sesuai usia dari 3-4 tahun dan 5-6 tahun. Untuk lebih jelasnya bisa anda langsung lihat format Aplikasi Raport PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Semoga artikel yang berjudul Aplikasi Raport PAUD K13 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 ini bisa membantu ada sebagai pendidik di jenjang PAUD baik TK, SPS, TPA dan KB dalam penulisan raport dan kelengkapan administrasi PAUD. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Raport PAUD Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020"

Posting Komentar