Format Penilaian Harian PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1

Format Penilaian Harian PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1. Sesudah guru sudah melaksanakan proses pembelajaran maka kini saatnya ada yang jauh lebih penting yaitu Penilaian. Penilaian merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh Guru untuk menentukan tolak ukur kemampuan peserta didik. Semua jenjang diwajibkan melaksanakan proses penilaian tanpa pengecualian termasuk pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik di Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dll yang masih sederajat dengan PAUD.. Pada penilaian PAUD memang tidak melihat dari segi kognitif atau pengetahuan saja namun dari segi yang lainnya juga harus diukur menggunakan penilaian yang dikenal dengan Kompetensi Dasar atau Program Pengembangan. Kompetensi Dasar di Jenjang PAUD meliputi Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Seni, dan Sosial Emosional jadi semua aspek Kompetensi tersebut harus terpenuhi dalam proses Penilaian di Jenjang PAUD.
Proses penilaian di Jenjang PAUD disamping memiliki 6 Kompetensi Dasar yang harus terpenuhi juga ada tahapan dalam proses penilaian PAUD yaitu Penilaian Harian, Penilaian Mingguan, Penilaian Bulanan dan Penilaian Akhir yang ditulis ke Rapor PAUD. Semua jenis penilaian tersebut saling berkaitan satu sama lain yang saling terhubung, namun pengamatan penilaian di peserta didik pada Penilaian Harian, sedangkan di Penilaian Mingguan adalah rekapan dari Penilaian Harian, Penilaian Bulanan rekapan dari Penilaian Mingguan, dan Penilaian Akhir Semester di dapat dari Penilaian Bulanan.
Pada artikel ini yang akan kita fokus pembahasan pada Penilaian Harian PAUD di Tema Kebutuhanku Semester 1. Sistem penilaian di Jenjang PAUD tidak menggunakan Nominal Nilai puluhan atau ratusan tetapi menggunakan Kategori Pencapaian Perkembangan seperti :
  1. BB artinya Belum Berkembang
  2. MB artinya Mulai Berkembang
  3. BSH artinya Berkembang Sesuai Harapan
  4. BSB artinya Berkembang Sangat Baik
Semua kategori diatas ditentukan dari pengamatan yang kita lihat dari perkembangan pada peserta didik. Pada Penilaian Tema Kebutuhanku harus tepat dalam penentuan Kompetensi Dasar pada kolom penilaian seperti pada gambar dibawah ini.
Format Penilaian Harian PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1
Penilaian harian PAUD diatas menggunakan format MS. Word dengan sistem tabel yang dapat mempermudahkan anda untuk mengerjakan serta tersedia Kategori Pencapaian Perkembangan sehingga anda tidak usah menulis menggunakan kode kategori tersebut tetapi tinggal centrang saja sesuai hasil penilaian pengamatan pada peserta didik. Untuk file diatas bisa anda dapatkan di Penilaian Harian PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama untuk penunjang dan referensi dalam kelengkapan administrasi Guru di Jenjang PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Penilaian Harian PAUD Tema Kebutuhanku Semester 1"

Posting Komentar