Format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013

Format Penilaian Catatan Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013. Penilaian merupakan tolak ukur dalam proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan guru kepada siswanya. Guru akan merasa bangga dan senang apabila terlihat adanya perkembangan yang terlihat baik dalam segi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Pelaksanaan penilaian tidak harus setelah proses pembelajaran namun bisa juga sebelum dan pada saat proses pembelajaran. Untuk mengetahui perkembangan siswa adalah kita amati sebelum pelaksanaan pembelajaran dan setelah pembelajaran, ketika ada perubahan secara mandiri berarti tingkat keberhasilan guru dalam mengajar di kelas sudah terlihat jelas walaupun belum terlihat 100 % dari semua siswa. 
Format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013
Format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013
Perkembangan setiap anak berbeda-beda maka dari itu jangan dipaksakan agar anak menjadi pintar namun jadilah anak yang mampu mandiri akan segala sesuatu. Contohnya saja di jenjang PAUD, anak tidak dituntuk untuk dapat membaca, menulis dan berhitung, namun anak bermain sambil belajar dan yang paling penting dapat secara mandiri melakukan sesuatu seperti yang dicontohkan atau simulasikan oleh gurunya. Maka dari itu guru dijenjang PAUD harus dengan jeli mengamati siswanya dalam hal kemandirian. Tingkat kemandirian siswa bisa kita nilai dengan pengamatan ketika membuat sebuah hasil karya yang dibuat oleh anak. Hasil karya tersebut dihasilkan dari pengamatan yang diamati siswa dari gurunya ketika mempraktekkan di depan kelas, ketika anak tersebut mampu menirukan tanpa bantuan dari gurunya berarti sudah dikatakan anak tersebut bisa melakukan secara mandiri.
Pada jenjang PAUD proses penilaian yang dinilai adalah Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Salah satu penilaian yang mengajak anak untuk belajar aktif yaitu keterampilan, dalam keterampilan siswa diharapkan mampu menghasilkan sebuah karya dengan kemampuan sendiri walaupun hanya meniru dari apa yang dipraktekan guru di depan kelas. Hasil Karya Anak PAUD akan dipajang dikelas dan di simpan sebagai portopolio guru. Ketika hasil karya anak jadi pada saat itu guru mencatat dalam sebuah buku atau format Penilaian Catatan Hasil Karya Anak PAUD terbaru sesuai dengan Kurikulum 2013. Untuk format memang bermacam-macam bentuknya namun kami membuat format penilaian catatan hasil karya sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam format tersebut kami buat dengan menggunakan tabel yang terdiri dari beberapa kolom dengan bentur Microsoft Word.
Baca artikel terkait seperti : Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD
Untuk mendapatkan file format penilaian catatan hasil karya anak PAUD yang terbaru sesuai Kurikulum 2013 bisa anda di Google Drive,karena file tersebut kita simpan agar aman terhindar dari berbagai ancaman yang berbahaya. Berikut File Format Penilaian Catatan Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua terutama untuk guru PAUD baik TK, KB, SPS, TPA dan lainnya dalam kelengkapan administrasi guru dan sekolah. Artikel ini dibuat untuk membantu anda dalam pencarian format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013 yang terbaru sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT SEPERTI :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Catatan Penilaian Hasil Karya Anak PAUD Kurikulum 2013"

Posting Komentar