CONTOH NARASI DAN DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR PAUD SESUAI KURIKULUM 2013

CONTOH NARASI DAN DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR PAUD SESUAI KURIKULUM 2013. Pada Jenjang PAUD salah satunya Taman Kanak-Kanak (TK) mempunyai umur berkisaran 4-5 tahun Kelompok A dan 5-6 tahun Kelompok B. Dalam penulisan Rapor setiap akhir proses pembelajaran antara Kelompok A dan B berbeda narasi dan deskripsinya karena disesuaikan dengan Standar Nasional dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Dalam permendikbud tersebut menyebutkan bahwa Kompetensi Dasar pada kelompok usia 4-5 dengan 5-6 berbeda, sehingga dalam penulisan Rapor di akhir ajaranpun berbeda pula namun sesuai dengan Kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum 2013.
CONTOH NARASI DAN DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR PAUD SESUAI KURIKULUM 2013
Contoh Narasi dan deskripsi dalam penulisan Rapor PAUD Kurikulum 2013
Memang sekarang ini banyak guru yang kesulitan dalam pembuatan rapor apalagi dengan Kurikulum yang terbaru, pastinya membutuhkan waktu untuk mempelajari dan pastinya berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Rapor PAUD Kurikulum 2013 lebih banyak Deskripsi dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya sehingga membutuhkan tingkat kesabaran yang ekstra untuk Guru PAUD dalam membuat Rapor PAUD tersebut.
Dalam penulisan Rapor PAUD terdapat 6 perkembangan yang dijadikan Deskripsi atau Narasi. Dalam rapor PAUD karena menggunakan deskripsi yang begitu banyak dan menggunakan tulis tangan, sehingga memerlukan sebuah Aplikasi Rapor PAUD agar terselesaikan dengan cepat. Aplikasi pembuatan rapor tersebut kami buat dengan format Microsoft Excel sehingga bisa dengan mudah dioperasikan.
Ada 6 perkembangan yang ditulis dalam narasi rapor yaitu Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Motorik, Kognitif, Sosial Emosional, Bahasa dan Seni. Keenam perkembangan yang dinilai tersebut merupakan rekapitulasi penilaian anak dalam satu semester yang diamati oleh guru. Kita tahu bahwa dalam proses pelaksanaan penilaian di Jenjang PAUD terdiri dari Penilaian Harian, Mingguan, Bulanan dan Semester. Nilai Semester inilah yang nantinya di tulis pada Rapor anak yang dikumpulkan dari beberapa jenis penilaian.
Baca juga : Format Penilaian pada jenjang PAUD Kurikulum 2013
Disamping 6 perkembangan tersebut, di dalam rapor ada penilaian sikap yang harus diuraikan menggunakan narasi atau deskripsi. Penilaian sikap tersebut terdiri dari 4 macam yaitu Sikap Spiritual, Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan. Bagian terakhir dari Rapor PAUD adalah rekomendasi orangtua dari wali kelas atau guru yaitu sebuah saran yang diungkapkan secara tertulis pada rapor mengenai bagaimana sikap orang tua terhadap anaknya, agar anaknya ke depan jauh lebih baik. Contoh deskripsi dan narasi pengisian rapor PAUD bisa anda dapatkan di artikel ini yaitu Contoh Narasi dan Deskripsi Pengisian Rapor PAUD Kurikulum 2013.
Semoga artikel yang kami buat yaitu mengenai pembuatan rapor di Jenjang PAUD bisa dibuat dengan cepat dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CONTOH NARASI DAN DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR PAUD SESUAI KURIKULUM 2013"

Unknown mengatakan...

Isi narasi rapot tk A semester 2

Posting Komentar