PENILAIAN HARIAN PAUD TEMA BINATANG SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

PENILAIAN HARIAN PAUD TEMA BINATANG SEMESTER 1 KURIKULUM 2013. Pada saat proses pembelajaran, guru diwajibkan untuk melakukan penilaian baik itu sebelum, saat, dan setelah. Penilaian yang dimaksud bertujuan untuk mengetahui tolak ukur dari proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh Guru. Penilaian ini dilakukan di semua jenjang baik itu di Jenjang PAUD dan jenjang lainnya. Untuk Jenjang PAUD meliputi TK, KB, SPS, TPA dan Satuan Pendidikan yang masih sejenjang dengan PAUD.
Dalam Penilaian Harian di Jenjang PAUD tidak menggunakan Lembar Jawab ataupun Soal, namun dilihat dari seberapa jauh anak mampu menguasai kemampuan tersebut dalam pengamatan Guru. Aspek yang dinilai pada penilaian PAUD antara lain :
  1. Nilai Agama dan Moral
  2. Fisik Motorik
  3. Kognitif
  4. Bahasa
  5. Seni
  6. Sosial dan Emosional
Semua aspek diatas harus terpenuhi dalam penilaian harian di setiap pelaksanaan pembelajaran dan dilakukan dengan cara pengamatan. Proses penilaian PAUD tidak menggunakan nilai kategori dari 1 sampai 10 atau 10 sampai 100, namun dengan ceklis di setiap kategori penilaian antara lain: BB, MB, BSH, dan BSB. Dengan keterangan sebagai berikut.
  1. BB, Belum Berkembang artinya Bila anak melakukan sesuatu yang di perintahkan Gurunya, maka dia perlu Bimbingan Gurunya.
  2. MB, Mulai Berkembang, artinya masih harus diingatkn ketika anak melakukan sesuatu.
  3. BSH, Berkembang Sesuai Harapan, artinya sudah sesuai harapan sesuai pengarahan dari Guru
  4. BSB, Berkembang Sangat Baik, artinya sudah sangat baik dengan melebihi harapan dari Guru.
Dalam kali ini kita akan fokus pada Penilaian Harian PAUD di Tema Binatang Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Memang penilaian harian di tema ini sama seperti tema-tema yang lain hanya saja anda tinggal mengubah tema, sub tema dan fokus pembelajaran sesuai dengan RPPH yang anda buat. Untuk Format Penilaian Harian tersebut kurang lebihnya seperti ini.

PENILAIAN HARIAN PAUD TEMA BINATANG SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
Untuk file diatas berformat MS. Word yang sangat mudah untuk dioperasikan, karena anda tinggal mengubah atau mengisi tanda titik-titik sesuai dengan keadaan lembaga tempat anda mengajar baik nama Guru Kelas, Lembaga, serta alamat lembaga. Penilaian Harian PAUD Tema Binatang terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan sub tema yang ada, bisa anda lihat dibawah ini.
  1. Penilaian Harian PAUD Tema Binatang Sub Tema Macam-macam Binatang
  2. Penilaian Harian PAUD Tema Binatang Sub Tema Tempat Hidup Binatang
  3. Penilaian Harian PAUD Tema Binatang Sub Tema Jenis Makanan Binatang
Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda dalam pembuatan administrasi Guru khususnya di Jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA serta yang masih se Jenjang dengan PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENILAIAN HARIAN PAUD TEMA BINATANG SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar