RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Setiap kegiatan akan berjalan dengan lancar dan tepat sasaran apabila sebelumnya dibuat sebuah perencanaan. Perencanaan yang dimaksud harus menyeluruh dari awal hingga akhir. Salah satu kegiatan yang menggunakan sebuah perencanaan yaitu dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Perencanaan dalam KBM di sebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini disemua jenjang pendidikan harus dibuat oleh pengajar, karena salah satu administrasi guru yang wajib di buat oleh pendidik. Namun dari semua jenjang pendidikan ada yang berbeda dengan jenjang lainnya yaitu jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi TK, KB, SPS, dan TPA dalam RPP yang dibuat. RPP dalam lembaga PAUD terdapat 2 macam yaitu RPPM dan RPPH. RPPM merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan sedangkan RPPH yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Kedua RPP tersebut sama hanya saja terletak dari isi dari lingkup pelaksanaannya, RPPM berisi proses pembelajaran dalam 1 (satu) minggu dan RPPH berisi proses pembelajaran dalam 1 (satu) hari. Tetapi keduanya saling berkaitan satu sama lain, ketika kita mau membuat RPPH maka kita harus melihat RPPM. Oleh karena itu sebelum kita membuat RPPH kita harus harus membuat RPPM terlebih dahulu. Apabila yang akan kita bahas kali ini adalah RPPH PAUD Tema Tanaman di semester 1 pada tahun pelajaran 2020/2021.
RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Materi dengan tema tanaman dalam jenjang PAUD dilaksanakan pada minggu-minggu terakhir pada semester 1 yaitu minggu ke 14,15,16 dan 17. Kita tahu bahwa minggu efektif dalam semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 pada Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD hanya 17 minggu, dan penentuan minggu keberapakan materi atau tema tersebut tergantung dalam pembuatan Program Semester (PROMES) PAUD dan Program Tahunan (PROTA) PAUD yang dibuat sebelumnya di awal semester atau ajaran baru. Setelah melihat Promes PAUD Semester 1 barulah kita bisa melihat kapan pelaksanaan pembelajaran pada tema tanaman dan dengan hal tersebut kita membuat RPPM dan RPPH PAUD tema tersebut.

Baca juga :
  1. Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021; (Lihat)
  2. Program Tahunan (PROTA) PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021; dan (Lihat)
  3. Program Semester (PROMES) PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021. (Lihat)
Karena tema tanaman terletak pada minggu ke 14,15,16, dan 17 jadi tema tersebut terdapat pada 4 minggu yang merupakan penjabaran dari tema tanaman. Tema tanaman dijabarkan menjadi sub tema, yaitu sebagai berikut.
  1. Minggu ke 14 sub tema Tanaman Jenis Pohon;
  2. Minggu ke 15 sub tema Tanaman Hias dan Perdu;
  3. Minggu ke 16 sub tema Tanaman Jenis Sayur dan Apotek Hidup; dan
  4. Minggu ke 17 sub tema Tanaman Jenis Buah dan Umbi-umbian.
Keempat sub tema diatas nantinya akan dijadikan RPPM PAUD dengan tema tanaman semester 1. Ketika sudah mengetahui sub tema dari tema tanaman, sekarang kita akan lebih mendalami lagi yaitu sub tema dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema dari tema tanaman.

Baca juga : RPPM PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021(Lihat)

Berikut sub-sub tema dari tema tanaman pada semester 1 yang akan dibuat menjadi RPPH PAUD tema tanaman.

1. Sub tema tanaman jenis pohon :
  • Manfaat tanaman jenis pohon
  • Jenis-jenis tanaman jenis pohon
  • Cara menanam tanaman jenis pohon
  • Cara merawat tanaman jenis pohon
2. Sub tema tanaman hias dan perdu :
  • Manfaat tanaman hias dan perdu
  • Jenis-jenis tanaman hias dan perdu
  • Cara menanam tanaman hias dan perdu
  • Cara merawat tanaman hias dan perdu
3. Sub tema tanaman jenis sayur dan apotek hidup :
  • Manfaat tanaman jenis sayur dan apotek hidup
  • Jenis-jenis tanaman jenis sayur dan apotek hidup
  • Cara menanam tanaman jenis sayur dan apotek hidup
  • Cara merawat tanaman jenis sayur dan apotek hidup
4. Sub tema tanaman jenis buah dan  umbi-umbian :
  • Manfaat tanaman jenis buah dan  umbi-umbian
  • Jenis-jenis tanaman jenis buah dan  umbi-umbian
  • Cara menanam tanaman jenis buah dan  umbi-umbian
  • Cara merawat tanaman jenis buah dan  umbi-umbian
Penjabaran dari sub tema tanaman diatas akan dijadikan menjadi RPPH PAUD tema tanaman di semester 1. Untuk bunda PAUD silahkan anda lihat secara langsung file yang telah kami buat dengan format Microsoft Word dan kami simpan ke dalam Google Drive. Berikut file-file yang bisa dijadikan referensi untuk bunda PAUD dalam membuat RPPH PAUD Tema Tanaman.
  1. RPPH PAUD Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Jenis Pohon; (Unduh)
  2. RPPH PAUD Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Hias dan Perdu; (Unduh)
  3. RPPH PAUD Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Jenis Sayur dan Apotek Hidup; (Unduh)
  4. RPPH PAUD Tema Tanaman Sub Tema Tanaman Jenis Buah dan Umbi-umbian. (Unduh)
Untuk RPPH PAUD yang lainnya bisa anda lihat dan baca diartikel sebelumnya masih di semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Berikut artikel terkait mengenai RPPH PAUD yang dapat dijadikan contoh untuk bunda PAUD.
  1. RPPH PAUD Tema Diri Sendiri/Diriku (Baca)
  2. RPPH PAUD Tema Lingkunganku (Baca)
  3. RPPH PAUD Tema Kebutuhanku (Baca)
  4. RPPH PAUD Tema Binatang (Baca)
Jadi dapat kita simpulkan dalam artikel ini yaitu bahwa RPPH PAUD Tema Tanaman terdapat dalam 4 minggu yaitu minggu ke 14,15,16, dan 17 pada semester 1 khususnya Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga dengan dibuatnya artikel ini bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi bunda-bunda PAUD sekalian baik di lembaga TK, KB, SPS, dan TPA serta lainnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan dan tata bahasa dalam artikel ini karena manusia tidak luput dari kesalahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Tema Tanaman Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar