Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021

Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam penentuan hari efektif dan minggu efektif untuk mengajar, kapan untuk melakukan penilaian/evaluasi, dan kapan hari tidak efektif atau hari libur, itu semua dibutuhkan Kalender Pendidikan (KALDIK). Dengan kaldik guru dapat merencanakan program dalam satu semester bahkan satu tahun. Kaldik inilah sebagai kunci awal dari pembuatan sebuah perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajara. Guru dapat berhasil dalam pembelajaran di kelas karena menggunakan KALDIK pada tahun pelajaran tersebut. Begitu pentingnya Kaldik maka setiap guru disemua jenjang harus mempunyai Kaldik tersebut sebagai salah satu administrasi guru. 

Salah satu jenjang yang jarang menggunakan Kaldik adalah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) namun yang biasanya ada adalah di lembaga TK, padahal TK termasuk bagian dari PAUD. Setiap daerah mempunyai Kalender Pendidikan (KALDIK) tersendiri hanya saja semua itu tergantung dari kebijakan daerah Provinsi sendiri-sendiri.
Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021
Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021

Salah satu kegunaan KALDIK disamping untuk menentukan hari dan minggu efektif, ada satu fungsi lagi yang berkaitan dengan administrasi guru lainnya yaitu dalam pembuatan Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROMES). Ketika kita melihat kolom-kolom pada Prota dan Promes, kita akan melihat ada kolom bulan dan ada tanda centrang. Tanda bulan dan centrang inilah merupakan minggu efektif yang dapat dilaksanakan proses pembelajaran di kelas, hanya saja banyak yang kurang memahami hal tersebut sehingga asal-asalan saja dalam mengisi tidak mengacu dan melihat pada KALDIK terbaru.

Baca juga :
  1. Program Tahunan (PROTA) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  2. Program Semester (PROMES) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021.
Setelah mengetahui fungsi dari KALDIK PAUD/TK 2020/2021, sekarang akan kita bahas kaldik tersebut. Kaldik ini terdapat 2 macam berdasarkan hari efektif belajar, yaitu ada yang khusus 5 hari proses belajaran dalam seminggu ada juga yang seperti umumnya yaitu 6 hari proses belajar, ini tergantung kebijakan dari daerah dan lembaga sekolah masing-masing. Berikut file yang berupa PDF KALDIK PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkannya khususnya guru PAUD baik TK, KB, SPS dan TPA serta lainnya yang sederajat dengan PAUD..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalender Pendidikan (KALDIK) PAUD/TK Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar