RPPM PAUD/TK A-B TEMA AIR, UDARA, DAN API SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM PAUD/TK A-B TEMA AIR, UDARA, DAN API SEMESTER 2 KURIKULUM 2013. RPPM merupakan kependekkaan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan yang berlaku untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA) dan lainnya yang bernaung di jenjang PAUD. RPPM merupakan nama baru yang semula adalah Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), perubahan ini berdasarkan Kurikulum 2013 berlaku di tahun 2013 sampai sekarang. 

RPPM PAUD/TK A-B TEMA AIR, UDARA, DAN API SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RPPM PAUD/TK A-B TEMA AIR, UDARA, DAN API SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM ini berisi mengenai skenario atau alur pembelajaran dari awal hingga akhir dalam jangka waktu satu minggu. RPPM dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai seminggu sebelumnya, misalkan minggu depan kita akan mengajar maka terlebih dahulu kita membuat sebuah perencanaan berupa RPPM. RPPM nantinya akan dijabarkan lagi menjadi RPPH, jadi apabila anda mau membuat RPPH maka harus membuat RPPM dulu. Untuk membuat RPPM anda harus mengacu pada Prota dan Promes yang terbaru, karena ini semester 2 jadi kita mengacu dalam pembuatan RPPM pada Promes semester 2.


RPPM yang akan kita bahas lebih dalam sesuai judul artikel ini yaitu RPPM PAUD/TK A-B Tema Air, Udara, dan Api di Semester 2 Kurikulum 2013. RPPM PAUD/TK tema tersebut terdapat pada minggu ke 9, 10 dan 11 di Semester 2. Ketiga minggu tersebut akan dibagi-bagi lagi sesuai temanya yaitu.
  1. Minggu ke 9, membahas Air;
  2. Minggu ke 10, membahas Udara; dan
  3. Minggu ke 11, membahas Apa
Ketiga minggu itu nantinya akan dijadikan 3 RPPM yang masing-masing pembahasannya berbeda-beda. Untuk pelaksanaannya terserah anda hanya saja lebih enak kalau sesuai jadwal pada minggu ke 9, 10, 11 di minggu efektif yang bisa anda lihat pada Kalender Pendidikan PAUD/TK. 

(Baca juga artikel terkait seperti : Kalender Pendidikan PAUD/TK Tahun Pelajaran 2019/2020)

RPPM PAUD/TK ini terbagi menjadi 2 kelompok RPPM yang berdasarkan usia peserta didik, yaitu Kelompok A dan B. Kelompok A dengan rentan usia 2-3 tahun atau 4-5 tahun dan Kelompok B dengan rentan usia 3-4 tahun atau 5-6 tahun. RPPM PAUD/TK Kelompok A dan B sebenarnya sama hanya saja berbeda pada Kompetensi Dasarnya (KD) berdasarkan KD yang tertera pada Standar Nasional PAUD pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.

Untuk RPPM PAUD/TK Tema Air, Udara, dan Api sudah kami siapkan sebagai bahan referensi anda dalam pembuatan RPPM tersebut. Ingat ini adalah contoh bukan sebagai acuan tetap karena terkadang berbeda daerah saja berbeda format pula. RPPM yang kami buat ini menggunakan format tabel pada Microsoft Word yang dibuat selembar jadi 1 (satu) RPPM cuman 1 (satu) lembar saja. Kami buat selembar karena sesuai dari ketentuan Kemendikbud Pa Menteri Nadiem untuk pembuatan RPP/RPPH/RPPM harus dibuat sesimpel mungkin yaitu hanya satu lembar saja.

Agar lebih jelasnya bisa anda lihat sendiri RPPM PAUD/TK Tema Air, Udara, Api di Semester 2 Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut ini.
  1. RPPM PAUD/TK Tema Air, Udara, dan Api Kelompok A Semester 2 Kurikulum 2013;
  2. RPPM PAUD/TK Tema Air, Udara, dan Api Kelompok B Semester 2 Kurikulum 2013.
Kami buat 2 file karena seperti penjelasan diatas bahwa RPPM PAUD/TK itu terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan B. Jadi anda bisa memilih sesuai kriteria kelompok anda yang diajarkan di sekolah termasuk dalam kelompok A atau B yang bisa dilihat dari umur/usia peserta didik di jenjang PAUD. Untuk RPPM PAUD/TK tema yang lain sebelumnya bisa anda lihat di artikel yang sudah kami buat atau bisa lihat, sebagai berikut.
  1. RPPM PAUD/TK Tema Rekreasi Minggu ke 1 dan 2 Semester 2 (Baca)
  2. RPPM PAUD/TK Tema Kendaraan Minggu ke 3, 4, dan 5 Semester 2 (Lihat)
  3. RPPM PAUD/TK Tema Pekerjaan Minggu ke 6, 7, dan 8 Semester 2 (Simak)
  4. RPPH PAUD/TK A-B Tema Air, Udara, dan Api Semester 2 (Baca)
Semoga artikel yang berjudul RPPM PAUD/TK Tema Air, Udara, dan Api ini bisa bermanfaat bagi anda semua terkhusus untuk bunda-bunda dalam membuat administrasi yang begitu banyak dan menguras waktu. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam segi penulisan dan bahasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD/TK A-B TEMA AIR, UDARA, DAN API SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar