RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAT KOMUNIKASI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAT KOMUNIKASI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013. Sebuah kegiatan akan berjalan dengan optimal apabila sebelumnya dibuat perencanaan terlebih dahulu. Salah satu kegiatan yang membutuhkan perencanaan adalah dalam dunia pendidikan yaitu kegiatan belajar mengajar di kelas. Kegiatan di kelas kita akan berhadapan dengan peserta didik yang mana mereka akan menunggu intruksi dari kita sebagai guru apa yang mereka akan dengan dan lakukan oleh guru. Untuk itu agar guru tidak canggung ketika berhadapan dengan peserta didik maka dibutuhkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang kita kenal dengan sebuta (RPP). RPP ini berlaku disemua tingkat/jenjang pendidikan bahkan tingkatan bawah sekalipun yaitu jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi TK, KB, SPS,dan TPA serta lainnya yang sederajat. RPP pada jenjang PAUD terbagi menjadi 2 macam yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM).

RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAT KOMUNIKASI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAT KOMUNIKASI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM merupakan sebuah perencanaan secara tertulis yang berisi proses pembelajaran dari awal hingga akhir dalam jangka waktu 1 (satu) minggu sedangkan RPPH sama seperti RPPM hanya saja RPPH mencakup proses pembelajaran dalam 1 (satu) hari. Namun untuk membuat RPPH harus menunggu RPPM dibuat terlebih dahulu. Untuk itu sangatlah penting kita membuat RPPM terlebih dahulu sebelum membuat RPPH.Karena begitu pentingnya RPPM maka RPPM yang akan kita bahas kali ini adalah RPPM PAUD/TK pada tema Alat Komunikasi Semester 2 Kurikulum 2013. Untuk pembuatan RPPM tersendiri harus mengacu pada Promes/Prota pada Semester 2 karena RPPM kali ini adalah di Semester 2.

(Baca juga artikel terkait  seperti : Prota/Promes Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 )

RPPM PAUD/TK pada tema Alat Komunikasi ini terdapat pada minggu ke 12 dan 13 di Semester 2. Pada semester 2 terdapat 17 minggu efektif untuk tema alat komunikasi sendiri akan dibahas dalam proses pembelajaran pada minggu ke 12 dan 13 dengan rincian sebagai berikut.
  1. Minggu ke 12, Alat Komunikasi Elektronik (Telepon, TV dan Radio)
  2. Minggu ke 13, Alat Komunikasi Cetak dan Tradisional (Surat, Kentongan, Koran dan Peluit)
Kedua minggu tersebut nantinya akan dibuat 2 (dua) RPPM, namun kita tahu bahwa pada jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA terdapat 2 kelompok kelas berdasarkan usia peserta didik yaitu Kelompok A dan B. Kelompok A dengan rentan usia peserta didik 2-3 tahun atau 4-5 tahun sedangkan kelompok B yaitu diantara 3-4 tahun atau 5-6 tahun. 

Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat sendiri RPPH PAUD/TK yang telah kami buat dalam 2 kelompok tersebut masih pada tema Alat Komunkasi Semester 2. Berikut RPPM PAUD/TK Tama Alat Komunikasi yang bisa dijadikan referensi untuk pembuatan RPPM.
  1. RPPM PAUD/TK Tema Alat Komunikasi Kelompok A Semester 2;
  2. RPPM PAUD/TK Tema Alat Komunikasi Kelompok B Semester 2.
Untuk RPPM di minggu sebelumnya bisa anda lihat di artikel sebelumnya berikut RPPM minggu ke 1 sampai 11.
  1. RPPM PAUD/TK A-B Tema Rekrekasi Semester 2 Kurikulum 2013;
  2. RPPM PAUD/TK A-B Tema Kendaraan Semester 2 Kurikulum 2013;
  3. RPPM PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Semester 2 Kurikulum 2013;
  4. RPPM PAUD/TK A-B Tema Air, Udara dan Api Semester 2 Kurikulum 2013;
  5. RPPH PAUD/TK A-B Tema Alat Komunikasi Semester 2 Kurikulum 2013.
Semoga artikel yang berjudul RPPM PAUD/TK A-B Tema Alat Komunikasi Semester 2 ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama untuk guru PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA dalam pembuatan Administrasi Guru/Kelas yang begitu banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAT KOMUNIKASI SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar