RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 KURIKULUM 2013. Guru merupakan ujung tombak dari suatu negara, dengan guru dapat menciptakan berbagai profesi dan pekerjaan di dunia. Tanpa guru tidak ada yang jadi pejabat, gubernur, pengusaha, dokter, bahkan presidenpun itu semua gurulah yang menciptakannya. Namun disamping tugas guru mendidik dan mengajarkan anak agar menjadi manusia yang bemanfaat di masyarakat ada beban tersendiri yang dialami oleh guru yaitu dalam pembuatan Administrasi Guru/Kelas. Administrasi guru ini wajib bagi guru karena salah satu tugas pokok fungsional (TUPOKSI) sebagai seorang guru. Salah satu administrasi guru yang tidak kalah pentingnya dari administrasi yang lainnya yaitu Pembuatan Perencanaan Pembelajaran atau yang kita kenal dengan sebutan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini ada disemua jenjang pendidikan baik ditingkat/jenjang paling bawah sampai atas. Ditingkat paling bawah RPP ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Kedua RPP tersebut hanya berlaku untuk jenjang dipaling bawah yaitu di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jenjang PAUD meliputi Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan Taman Penitipan Anak (TPA) serta lainnya dengan PAUD.

RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM dan RPPH keduanya sebenarnya sama hanya saja berbeda pada isi atau lingkup waktu pemberlakuannya, untuk RPPH adalah rencana pembelajaran yang mencakup sehari proses pembelajaran sedangkan RPPM merupakan rencana pembelajaran yang mencakup proses pembelajaran dalam waktu seminggu. Namun antara RPPH dan RPPM ini saling berkaitan satu sama lain, artinya apabila kita mau membuat RPPH kita terlebih dahulu membuat RPPM karena isi dari RPPH ada dalam RPPM. Untuk itu kita kali ini sebelum membahas RPPH kita bahas dulu RPPM, dan dalam pembuatan RPPM kita harus melihat Program Semester (PROMES/PROSEM) yang telah kita buat di awal semester 2. RPPM yang akan kita bahas kali ini adalah RPPM PAUD/TK Tema Alam Semesta Semester 2 Kurikulum 2013.


RPPM PAUD/TK terdiri dari 2 macam kelompok berdasarkan usia peserta didik, jadi kita jangan sembarang membuat RPPM, kita harus tahu usia berapakah peserta didik yang kita ajarkan di kelas. Apabila usia dari 2-3 tahun atau 4-5 tahun maka tergolong Kelompok A sedangkan usia peserta didik dari 3-4 tahun atau 5-6 tahun berarti tergolong Kelompok B. Kedua kelompok diatas sama hanya saja berbeda pada bobot materi serta Kompetensi Dasar (KD)yang ada. Untuk melihat perbedaan KD pada kelompok A dan B dari jenis usia bisa anda lihat pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Standar Nasional ini turun semenjak pemberlakuannya Kurikulum 2013 untuk Jenjang PAUD jadi anda ketika mau membuat RPPM harus melihat Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.


Masih pada pembahasan RPPM PAUD/TK A-B Tema Alam Semesta Semester 2 ini ternyata terdapat di minggu ke-16 dan 17. Kedua minggu tersebut nantinya akan dijadikan 2 (dua) RPPM masing-masing mempunyai materi yang berbeda. Pokok materi pada minggu ke 16 dan 17 yaitu sebagai berikut ini.
  1. RPPM PAUD/TK Minggu ke 16 membahas Benda-benda yang ada dibumi, dan
  2. RPPM PAUD/TK Minggu ke 17 membahas Benda-benda yang ada dilangit.
Kedua RPPM diatas sudah kami buat sedemikan rupa agar anda mudah dalam membuatnya, anda tinggal mengganti identitas lembaga, nama Guru Kelas, nama Kepala Sekolah dan Tanggal Pelaksanaan Pembelajaran pada minggu ke berapa. Untuk itu kami sudah mempersiapkan RPPM tema Alam Semesta dengan format Microsoft Word yang biasa anda gunakan dalam membuat administrasi guru/kelas. Berikut RPPM PAUD/TK A-B yang dapat dijadika referensi dalam pembuatan RPPM PAUD/TK.
  1. RPPM PAUD/TK Kelompok A Tema Alam Semesta Minggu ke 16 Semester 2;
  2. RPPM PAUD/TK Kelompok B Tema Alam Semesta Minggu ke 17 Semester 2.
Untuk RPPM PAUD/TK tema-tema yang lainnya bisa anda dapatkan diartikel sebelumnya yang sudah kami buat. Anda tinggal membaca artikel tersebut dan mendapatkan file yang anda inginkan. Berikut RPPM PAUD/TK Semester 2.
  1. RPPM PAUD/TK A-B Tema Rekrekasi Semester 2 Kurikulum 2013;
  2. RPPM PAUD/TK A-B Tema Kendaraan Semester 2 Kurikulum 2013;
  3. RPPM PAUD/TK A-B Tema Pekerjaan Semester 2 Kurikulum 2013;
  4. RPPM PAUD/TK A-B Tema Air, Udara dan Api Semester 2 Kurikulum 2013;
  5. RPPM PAUD/TK A-B Tema Alat Komunikasi Semester 2 Kurikulum 2013;
  6. RPPM PAUD/TK A-B Tema Negaraku Semester 2 Kurikulum 2013.
Semoga artikel diatas bisa dijadikan referensi buat anda dan membantu dalam pembuatan administrasi Guru PAUD yang begitu banyak dan rumit. Untuk itu semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD/TK A-B TEMA ALAM SEMESTA SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar