RPPM PAUD/TK A-B TEMA NEGARAKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

RPPM PAUD/TK A-B TEMA NEGARAKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013. RPPM merupakan kependekkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan. RPPM PAUD yang akan kami bahas kali ini adalah RPPM di tema Negaraku yang mana tepatnya pada Minggu ke 14 dan 15 di semester 2. RPPM ini merupakan salah satu administrasi guru/kelas yang wajib untuk dibuat bagi guru dijenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik TK, KB, SPS, dan TPA. sebuah perencanaan pembelajaran yang mencakup kegiatan pembelajaran selama satu minggu. Karena di semester 2 terdapat 17 minggu jadi dalam satu semester saja ada 17 RPPM yang harus dibuat oleh guru PAUD/TK. 

RPPM PAUD/TK A-B TEMA NEGARAKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RPPM PAUD/TK A-B TEMA NEGARAKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013

Dalam pembuatan RPPM PAUD/TK harus mengacu pada Program Semester (Promes/Prosem) yang telah dibuat sebelumnya di awal semester. Apabila ini di semester 2 maka kita lihat Promes/Prosem PAUD di Semester 2 pada tahun pelajaran yang berlangsung pada saat ini. Ketika sudah membuat Promes/Prosem PAUD barulah membuat RPPM.

(Baca artikel terkait seperti : Program Semester (PROMES/PROSEM) PAUD Semester 2 Kurikulum 2013)

RPPM PAUD/TK di tema Negaraku ini mempunyai pembahasan tersendiri disetiap minggunya yaitu untuk minggu ke 14 membahas Nama Negara, Dasar Negara, Lambang Negara, Bahasa Negara, Pulau Besar, Lagu Kebangsaan, dan Ibu Kota Negara Indonesia. Sedangkan untuk minggu ke 15 membahas Presiden dan Wakil Presiden, Hasi-hari besar Nasional, Lagu-lagu Nasional, Pakaian adat, dan Nama-nama Pahlawan Nasional.

RPPM PAUD/TK terdapat 2 kelompok berdasarkan umur peserta didik yaitu Kelompok A dan B. Untuk Kelompok A dengan usia peserta didik berkisaran 2-3 tahun atau 4-5 tahun dan yang kedua Kelompok B dengan umur peserta didik berkisaran 3-4 tahun atau 5-6 tahun. Untuk Kelompok Bermain (KB) biasanya Kelompok A dengan usia 2-3 tahun dan Kelompok B dengan usia 3-4 tahun sedangkan pada Taman Kanak-Kanak (TK) biasanya untuk Kelompok A dengan usia 4-5 tahun dan Kelompok B dengan usia 5-6 tahun. Berarti nantinya akan ada RPPM PAUD/TK Kelompok A-B Tema Negaraku Semester 2.

RPPM PAUD/TK tema Negaraku Semester 2 ini walaupun berbeda usia namun berbeda pula isi dari RPPM yang akan dibuat, perbedaannya terletak pada Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan. Kompetensi Dasar yang dimaksud yaitu terletak pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional PAUD Kurikulum 2013.

RPPM PAUD/TK Kelompok A dan B (A-B) tema Negaraku sudah kami buat sedemikian rupa menggunakan format Microsoft Word yang biasa anda gunakan dalam membuat administrasi guru/kelas lainnya. Kami buat dengan 2 (dua) file sekaligus masih dalam tema negaraku dengan Kelompok A dan B. Berikut file-file yang dapat anda lihat sebagai rujukan atau referensi dalam pembuatan RPPM PAUD/TK khususnya ditema Negaraku Semester 2 Kurikulum 2013.

  1. RPPM PAUD/TK Kelompok A Tema Negaraku Semester 2;
  2. RPPM PAUD/TK Kelompok B Tema Negaraku Semester 2.
Untuk RPPM PAUD/TK  tema-tema di minggu-minggu yang lain di semester 2 bisa anda lihat diartikel sebelumnya yang telah kami buat.
Semoga artikel yang kami buat  dengan judul RPPM PAUD/TK A-B Tema Negaraku Semester 2 Kurikulum 2013 ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama guru PAUD baik lembaga TK, KB, SPS dan TPA yang disibukkan dengan Administrasi Guru/Kelas. Artikel ini bisa dijadikan acuan dalam pembuatan administrasi-administrasi guru lainnya serta dijadikan referensi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD/TK A-B TEMA NEGARAKU SEMESTER 2 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar