Format Terbaru Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD

Format Terbaru Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD. Proses penilaian tidak hanya dilakukan dari guru ke siswa namun juga bisa dari kepala sekolah/pengawaa ke guru kelas PAUD. Proses penilaian guru dilakukan dengan pengamatan melalui supervisi administrasi kelas guru yang akan dinilai. Prosea supervisi ini dilakukan agar guru PAUD bisa mengembangkan dan memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas agar lebih kondusif dan maksimal. Guru tidak boleh menolak dan gengsi ketika dinilai oleh atasan, karena ini sudah menjadi tugas pokok fungsional bagi kepala sekolah dalam mensupervisi kepada guru dalam satu sekolah PAUD. 
Format Terbaru Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD
Setiap waktu pasti adanya perubahan dalam dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik administrasi kelas maupun proses pembelajaran. Perubahan tersebut di dasari dengan perubahan kurikulum yang ada dari KTSP ke Kurikulum 2013 atau biasa kita menyebutnya dengan istilah Kurtilas. Mau tidak mau guru harus  mengikuti alur dan perintah dari atasannya termasuk dalam perubahan format di Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD. Format tersebut terbaru sesuai kurikulum 2013 dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2019 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

Contoh Format Supervisi Administrasi kami buat dengan Microsoft Word yang biasa anda gunakan dalam pembuatan administrasi guru. Format Supervisi tersebut menggunakan tabel dengan beberapa kolom dan isian kolom tersebut yaitu antara lain.
  1. Kolom 1, Nomor Urut ;
  2. Kolom 2,Kompetensi Penilaian Pembelajaran ( Buku Rangkuman, Buku Anekdot, Penilaian Unjuk Karya, Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Observasi, Fortofolio/kumpulan hasil karya anak, Buku Catatan Pribadi/Perkembangan Siswa, Buku Raport/Laporan Hasil Belajar ;
  3. Kolom 3, Kondisi (ada /tidak ada) ;
  4. Kolom 4, Skor Nilai (1-4) ;
  5. Kolom 5, Keterangan Kesesuaian ( 4 = Baik Sekali, 3 = Baik,2 = Cukup,1 = Kurang).

Semua kolom tersebut harus terisi berdasarkan observasi atau pengamatan dari penilai yaitu Kepala Sekolah terhadap guru PAUD yang dinilai. Memang banyak sekali variasi-variasi dari format Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD, namun yang kami buat ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk lebih jelasnya silahkan bunda-bunda bisa lihat secara langsung dalam file yangs sudah kami simpan di Google Drive. Format Terbaru Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD.

Semoga artikel ini bisa menjadi pelengkap dalam pembuatan salah satu administrasi di jenjang PAUD baik KB, SPS, TPA dan TK. Temukan format administrasi lainnya terutama yang terbaru sesuai kurikulum 2013 di Blog Arsip PAUD. Semoga bermanfaat.

Baca artikel yang terkait seperti :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Terbaru Supervisi Administrasi Penilaian Pembelajaran Guru PAUD"

Posting Komentar