RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013

RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013. Dalam setiap kegiatan pembelajaran harus didahului dengan sebuah perencanaan. Dengan adanya perencanaan yang matang hasil yang diperoleh tidak akan maksimal bahkan tidak terlihat perkembangan yang nampak dari peserta didik. Perencanaan yang dimaksud adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), baik itu dalam jangka waktu tahunan, semester, mingguan dan harian. Perencanaan dalam jangka waktu tahunan disebut Program Tahunan (Prota), semester yaitu Program Semester (Promes), mingguan disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan harian dinamakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).
RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013
RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013
Semua perencanaan diatas sama untuk semua jenjang pendidikan, namun ada satu jenjang pendidikan yang berbeda dengan yang lainnya yaitu Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Pendidikan Anak (TPA), dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang memiliki 2 perencanaan yaitu Mingguan (RPPM) dan Harian (RPPH). Namun yang akan kita bahas lebih detail yaitu RPPH pada lembaga Kelompok Bermain (KB) dalam Tema Lingkungan Alam dengan materi Udara di Minggu ke 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada RPPH KB tersebut kami gunakan model Sentra yang sekarang ini sudah dianjurkan bagi jenjang PAUD untuk mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran. Model sentra tersebut terbagi menjadi 6 sentra yaitu Sentra Bahan Alam, Persiapan, Memasak, Bermain Peran, Balok, dan Musik serta Olah Tubuh.
Baca artikel terkait seperti : PROMES PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020
Untuk sistematika penulisan RPPH tersebut kami buat menggunakan table dengan beberapa kolom yang bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan RPPH. Dengan format Tabel bisa dilihat dengan jelas ini dari RPPH KB tersebut , terdapat 4 kolom dan kolom terakhir dijabarkan menjadi 3 kolom ,diantaranya sebagai berikut ini.
  1. Kolom 1, Muatan/ Materi Pembelajaran
  2. Kolom 2, Kegiatan Pembelajaran
  3. Kolom 3, Alat dan Bahan
  4. Kolom 4, Indikator Penilaian yang terbagi menjadi 3 kolom ( Program Pengembangan, Kompetensi Dasar, dan Indikator)

RPPH KB dengan Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara telah kami buat dalam format Microsoft Word yang biasa anda gunakan dalam mengerjakan administrasi kelas lainnya. Untuk ukuran tidak bergitu besar hanya kurang dari 3 Mb saja dan kami simpan dalam Google Drive sehingga anda mudah untuk mengambil file tersebut. Satu file terdiri dari 6 RPPH hanya saja dalam RPPH KB terdiri dari 2 kelompok yang dibedakan berdasarkan usia peserta didik, usia 2-3 tahun disebut kelompok A sedangkan usia 3-4 tahun disebut kelompok B.Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat sendiri dalam RPPH KB sebagai berikut ini.
  1. RPPH KB A Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013
  2. RPPH KB B Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013
Untuk RPPH KB di semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 yang lainnya sudah kami buat di artikel sebelumnya yang dapat anda lihat dan baca selengkapnya sebagai berikut.
  1. RPPH KB Minggu ke 1 Tema Lingkunganku Sub Tema Air Kurikulum 2013 (Baca)
  2. RPPH KB Minggu ke 2 Tema Lingkunganku Sub Tema Cuacau Kurikulum 2013 (Baca)
  3. RPPH KB Minggu ke 3 Tema Lingkunganku Sub Tema Tanah Kurikulum 2013 (Baca)
Semoga artikel yang berjudul RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013 ini bisa menjadi referensi dalam pembuatan Administrasi Guru Kelas PAUD terutama lembaga Kelompok Bermain (KB).



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH KB Tema Lingkungan Alam Sub Tema Udara Semester 2 Kurikulum 2013"

Posting Komentar