Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019

Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019. Dalam setiap kegiatan yang akan dilaksanakan, tentunya ada orang yang menjadi jaminan sebagai bentuk tanggungjawab secara mutlak. Apalagi kegiatan tersebut mendapatkan kucuran dana dari instansi tertentu, pastinya instansi tersebut menanyakan siapa yang bertanggungjawab pada kegiatan tersebut. Sebagai bentuk tanggungjawab secara tertulis, maka penanggungjawab kegiatan tersebut harus membuat sebuah surat pernyataan tanggungjawab mutlak di atas materai 6000 (enam ribu). Surat tersebut kita kenal dengan sebutan SPTJM.
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 1 dan 2 Tahun 2019
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 1 dan 2 Tahun 2019
Salah satu contoh kegiatan dalam instansi Pendidikan adalah dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dana bantuan operasional tersebut digunakan untuk kebutuhan lembaga PAUD yang mencakup Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA), dan Taman Kanak-Kanak (TK) serta lainnya yang masih bernanung pada lembaga PAUD. Dana BOP PAUD untuk tahun 2019 di cairkan secara 2 tahap, yaitu Tahap 1 dicairkan pada bulan Maret 2019 dan Tahap 2 dicairkan pada bulan Agustus atau selambat-lambatnya adalah bulan September 2019. Peraturan tersebut sudah dijelaskan pada Juknis BOP PAUD Tahun 2019 di Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019.
Baca juga : Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019 mengenai Juknis BOP PAUD Tahun 2019 Terbaru
Dalam proses pencairan dana BOP PAUD tahun 2019 baik tahap 1 dan 2 membutuhkan surat pernyataan tanggung jawab secara mutlak (SPTJM) dari Kepala Sekolah atau Kepala Penyelenggara PAUD tersebut. Karena nominalnya cukup besar yang akan diterima jadi sebelum ditandatangani SPTJM tersebut harus dibubuhi materai 6000 untuk memperkuat SPTJM tersebut. SPTJM BOP PAUD nantinya dikumpulkan dengan berkas-berkas yang lain meliputi : 
  1. Surat Permohonan Pencairan Dana BOP PAUD Tahap 2;
  2. Rencana Anggaran Biaya Tahap 2; dan 
  3. Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana BOP PAUD Tahap 1.
Dana BOP PAUD tahap 2 dapat dicairkan asalkan sudah menggunakan dan melaporkan dana yang sudah dicairkan di tahap sebelumnya yaitu tahap 1. Apabila dana BOP PAUD Tahap 1 tahun 2019 tidak digunakan dan dibuat sebuah laporan atau LPJ maka dana BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019 tidak dapat dicairkan walaupun dana tersebut sudah ada di daerahnya. Maka dari itulah pentingnya kita membuat berkas tersebut agar tahap 2 bisa dicarikan, salah satunya adalah membuat SPTJM BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019

Kami sudah membuat SPTJM tersebut berdasarkan Juknis BOP PAUD Tahun 2019 dan sudah disahkan oleh dinas setempat. Jadi anda tinggal mengambil contoh Surat SPTJM tersebut yang kami simpan dalam Google Drive dengan ukuran kurang dari 1 Mb. Berikut file Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019.
Disamping berkas tersebut diatas ada berkas yang lain yang perlu disiapkan yaitu meliputi Foto Copy KTP Kepala Sekolah, Buku Rekening, NPSN, NPWP, SK Bendahara, Ijin Operasional dan lain-lain masih banyak lagi yang harus dipersiapkan. Untuk itulah diharapkan bagi anda mempersiapkan sedini mungkin sembari menunggu Surat dari dinas setempat dalam mengumpulkan berkas pencairan dana BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019"

Posting Komentar