Cara Mengetahui NISN Peserta Didik PAUD Tahun 2019/2020

Cara Mengetahui NISN Peserta Didik PAUD Tahun 2019/2020. Nomor Induk Siswa Nasional merupakan sebuah nomor yang menandakan bahwa peserta didik tersebut sudah terdaftar secara nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor Induk Siswa Nasional kita biasanya menyebutkannya dengan singkatan NISN ini banyak manfaatnya disamping sudah terdaftar secara nasional ada juga yang paling penting yaitu dapat mengajukan Program Indonesia Pintar (PIP). NISN ini berlaku seumur hidup selama peserta didik tersebut duduk dibangku sekolah. Salah satu jenjang awal peserta didik mendapatkan NISN adalah pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) di Tahun 2019/2020.
Untuk sekarang ini dalam pengajuan NISN bukan dimulai di jenjang Sekolah Dasar (SD), tapi juga sudah mulai di jenjang PAUD atau lebih tepatnya pada Taman Kanak-Kanak (TK). Namun masih banyak guru di lembaga TK belum mengetahui hal tersebut terutama yang mengelola Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2019/2020. Sebenarnya sudah diterbitkan NISN sejak pengiriman data di Aplikasi Dapodik PAUD di semester 1, hanya saja pada Aplikasi Dapodik PAUD belum di Sinkronisasi kembali.
Baca juga : Cara Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2019/2020
Karena begitu pentingnya nomor NISN tersebut bagi siswa dan sekolah, oleh karena itu dalam artikel ini kita akan mengupas bagaimana caranya kita dapat mengetahui bahwa siswa tersebut sudah memiliki NISN atau belum?. Untuk mengetahui NISN Peserta Didik PAUD Tahun 2019/2020 ada 3 (tiga) cara, yaitu antara lain :
  1. Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval PD)
  2. Situs Resmi Kemendikbud NISN
  3. Aplikasi Dapodik PAUD Secara Online.
Pertama : Verval PD  yaitu situs resmi Kemendikbud yang berfungsi menvalidasi dan verifikasi data peserta didik yang terkunci di Aplikasi Dapodik PAUD Offline. Anda akan melihat di situs verval PD nama-nama peserta didik yang sudah mempunyai NISN dan belum. Untuk mengetahui Nomor NISN setiap peserta didik anda tinggal melihat di menu Referensi dan pilih Sub Menu Aktif. Alamat web tersebut dapat anda kunjungi di Verval PD
Cara Mengetahui NISN PAUD di Verval PD
Cara Mengetahui NISN PAUD di Verval PD
Kedua : Situs Resmi Kemendikbud NISN yaitu sebuah situs resmi yang di buat oleh kemendikbud yang berfungsi untuk mengetahui dan mengecek Nomor NISN dengan mengisi Form Nama Siswa,  Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung. Disamping bisa mengetahui Nomor NISN PAUD, kita juga bisa mengetahui pemilik dari NISN dengan mengisi atau memasukkan Nomor NISN peserta didik dan Nama Ibu Kandung. Untuk mengetahui lebih jelasnya bisa anda kunjungi ke situs berikut  Web NISN.
Cari NISN PAUD di Situs NISN Kemendibud
Cari NISN PAUD di Situs NISN Kemendibud
Ketiga : Aplikasi Dapodik PAUD Secara Online yaitu situs resmi pada Aplikasi Dapodik PAUD Online, dalam situs tersebut seperti Aplikasi Dapodik Offline hanya saja pada Aplikasi Online sudah terdapat NISN terlebih dahulu dibandingkan dengan Offline. Anda bisa lihat NISN peserta didik di alamat berikut Aplikasi Dapodik PAUD Online.
Cara Mengetahui NISN PAUD di Aplikasi Dapodik Online
Cara Mengetahui NISN PAUD di Aplikasi Dapodik Online
Ketiga cara diatas bisa anda gunakan semua, karena sebenarnya walaupun caranya berbeda namun pasti hasilnya sama. Satu sama lain saling terhubung, apabila ternyata ada perbedaan antara ketiga cara diatas berarti kemungkinan peserta didik tersebut mengalami data ganda sehingga harus di validasi pada verval pd. Apabila ada data ganda nantinya akan di ketahui di vervalpd dan pilih salah satu yang dianggap cocok dengan data yang lain, karena NISN tersebut nantinya akan di teruskan di jenjang berikutnya.
Semoga ketika cara diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi anda untuk mengetahui NISN Peserta Didik pada Jenjang PAUD di tahun pelajaran 2019/2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui NISN Peserta Didik PAUD Tahun 2019/2020"

Posting Komentar