RPPH PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RPPH PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. RPPH merupakan kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang berlaku di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik KB, TK, SPS dan TPA serta lainnya yang masih naungan dari Dirjen PAUDNI. RPPH tersebut adalah salah satu administrasi guru atau kelas yang tidak kalah penting dengan administrasi guru lainnya. Seorang guru PAUD tidak akan bisa menjalankan tugas membimbing peserta didik jika tidak membuat perencanaan pembelajaran seperti RPPH PAUD tersebut. Pada kurikulum KTSP menggunakan istilah RKH yaitu Rencana Kegiatan Harian sedangkan pada tahun 2013 yang merupakan awal perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 berubah nama menjadi RPPH sampai saat ini yaitu Tahun Pelajaran 2018/2019 dan mempunyai tema sesuai semester baik semester 1 dan 2.
RPPH PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RPPH dibuat satu hari sebelum pelaksanaan pembelajaran berlansung, namun adakalanya juga bisa dibuat perminggu tetapi mencakup 6 RPPH proses pembelajaran. Setiap hari mempunyai fokus pembelajaran yang berbeda karena fokus pembelajaran tersebut penjabaran dari Sub Tema dan Tema yang telah ditetapkan oleh Dirjen PAUD baik di Semester 1 dan 2.
Baca juga : Daftar Tema dan Sub Tema Kurikulum 2013 di Jenjang PAUD
Pada semester 2 di Tahun Pelajaran 2018/2019 terdapat 17 minggu efektif yang berlaku di semua jenjang pendidikan karena mengacu pada Kalender Pendidikan yang sudah di tetapkan Kemendikbud. RPPH PAUD pada Minggu ke 8 dan 9 menggunakan Tema Air, Udara dan Api dengan Sub Tema Air dan Udara serta Api. Minggu ke 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan Tema Air dan Udara sedangkan di Minggu ke 9 menggunakan Api. Setiap RPPH mempunyai fokus pembelajaran dari Sub Tema yang telah ditentukan yaitu untuk Sub Tema Air dan Udara dijabarkan menjadi 6 RPPH/fokus pembelajaran yaitu hari Senin Manfaat Air, Selasa Bahaya Air,  Rabu Asal Air, Kamis Sifat Air, Jum'at Gunda Air, dan Sabtu Angin. Dalam sub tema Api juga dijabarkan menjadi 6 fokus pembelajaran yaitu Senin Sumber Api, Selasa Warna Api, Rabu Sifat Api, Kamis Kegunaan Api, Jum'at Bahaya Api, dan Sabtu Hasil Api. Untuk penjabaran di tema sebelumnya bisa anda baca di artikel sebelumnya.
Baca juga : RPPH PAUD Tema Rekreasi Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 dan RPPH PAUD Tema Pekerjaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
Untuk mendapatkan RPPH tersebut bisa anda dapatkan di artikel ini dengan format MS. Word sehingga anda dengan mudah mengedit atau mengubah sesuai dengan identitas sekolah anda di jenjang PAUD baik KB, TK, SPS, dan TPA. Pada fokus pembelajaran bisa anda ganti sesuai keinginan anda serta harus menyesuaikan lingkungan di sekitar anda agar proses pembelajaran bisa lebih berkesan dan bermakna ketika berlangsung. Ketika sudah ditentukan fokus pembelajaran yang anda buat sesuai keinginan anda jangan lupa siapkan Alat Edukasi Pembelajaran atau Alat Peraga sesuai sub tema yang ada. Untuk file RPPH PAUD Tema Air, Udara dan Api di Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut.
  1. RPPH PAUD Tema Air, Udara dan Api  Minggu ke 8 Sub Tema Air dan Udara
  2. RPPH PAUD Tema Air, Udara dan Api Minggu ke 9 Sub Tema Api
Semoga artikel yang berjudul RPPH PAUD Tema Air, Udara, dan Api di Semester 2 pada Tahun Pelajaran 2018/2019 bermanfaat bagi anda semua terutama untuk Guru PAUD yang disibukkan dengan Administrasi Guru. RPPH ini juga dibutuhkan untuk kelengkapan Penilaian Akreditasi di Jenjang PAUD. Oleh karena itu silahkan anda pelajari RPPH ini agar dapat memperlancar kegiatan Akreditasi yang akan dilaksanakan di lembaga anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019"

Posting Komentar