RPPH PAUD Tema Pekerjaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

RPPH PAUD Tema Pekerjaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Sebelum pelaksanaan  proses pembelajaran di kelas, guru diharapkan dapat mempersiapkan segala sesuatunya pada kegiatan tersebut. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikenal dengan sebutan RPP. RPP ini berisi mengenai semua hal dalam proses pembelajaran baik sebelum, pada saat dan setelah pembelajaran berlangsung. RPPH pada setiap jenjang berbeda nama dan bentuk, misalkan saja pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik itu TK, KB, SPS, dan TPA mempunyai 2 macam bentuk RPP yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). RPPH merupakan Rencana Pembelajaran yang dibuat dalam jangka waktu sehari sedangkan RPPM yaitu Rencana Pembelajaran yang dirancang dalam kurun waktu satu minggu. Kedua RPP tersebut mempunyai kesamaan yaitu berisi mengenai rencana proses pembelajaran hanya saja perbedaannya pada waktu prosesnya. Antara RPPM dan RPPH saling terkait satu sama lain, karena RPPH merupakan bagian dari RPPM. Jadi untuk membuat RPP yang harus didahulukan adalah RPPM dan selanjutnya baru RPPH.
Baca Juga : RPPM PAUD Tema Rekreasi Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
Namun dalam kali ini kita akan fokus pada RPPH PAUD pada Tema Pekerjaan di Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada RPPH PAUD tema Pekerjaan terdapat 3 Sub Tema yaitu Sub Tema 1  mengenai Macam-macam Pekerjaan yang dilaksanakan pada Minggu ke 5, Sub Tema 2 mengenai Tempat Bekerja yang dilaksanakan di Minggu ke 6, dan Sub Tema 3 mengenai Alat Bekerja dilaksanakan pada Minggu ke 7. Untuk minggu sebelumnya sudah kita bahas yaitu dalam RPPH PAUD Tema Rekreasi di Minggu ke 1 sampai 4.
Baca Juga : RPPH PAUD Tema Rekreasi Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
Setiap sub tema memiliki fokus pembelajaran yang terletak di setiap hari, jadi setiap hari nantinya akan ada titik fokus yang akan di bahas. Misalnya saja pada Tema Pekerjaan di Sub Tema Macam-Macam Pekerjaan memiliki 6 fokus pembelajaran antara lain: hari Senin Dokter, Selasa Guru, Rabu Pilot, Kamis Sopir, Jum'at Petani, dan Sabtu Tukang Pos. Sub tema selanjutnya adalah Tempat Bekerja mempunyai fokus pembelajaran antara lain : hari Senin Sekolah, Rabu Sawah, Kamis Rumah Sakit, Jum'at Bandara Pesawat Terbang, Sabtu Stasiun Kereta Api. 

Sedangkan untuk Sub Tema terakhir yaitu Alat Bekerja seputar mengenai semua alat-alat yang digunakan dalam bekerja antara lain : Jarum Suntik, Buku, Pesawat, Mobil, Perahu/Kapal Laut, dan Sepeda. Semua fokus pembelajaran yang kami sebutkan diatas bisa anda ganti sesuai dengan keinginan anda, diutamakan dalam menentukan fokus pembelajaran harus melihat ketersediaan Alat Peraga yang ada karena proses pembelajaran di Jenjang PAUD harus menggunakan benda yang nyata seperti berupa Gambar dan Benda tiruan. Misalkan saja terdapat fokus pembelajaran Pesawat anda harus menyediakan Gambar Pesawat atau Benda yang berbentuk Pesawat.

Semua RPPH PAUD di Tema Pekerjaan kami buat dengan format MS. Word sehingga dengan mudahnya anda mengubah dan mengisi identitas satuan pendidikan atau sekolah tempat anda bekerja. RPPH PAUD tersebut bisa anda dapatkan yang kami simpat dalam Google Drive.
  1. RPPH PAUD Tema Pekerjaan Sub Tema Macam-Macam Pekerjaan
  2. RPPH PAUD Tema Pekerjaan Sub Tema Tempat Bekerja
  3. RPPH PAUD Tema Pekerjaan Sub Tema Alat Bekerja
Semoga artikel yang kami buat ini bisa dijadikan referensi bagi anda semua yang membutuhkannya terutama bagi Guru di Jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA atau lainnya yang masih sejenjang dengannya dan bermanfaat untuk Guru PAUD yang dikejar-kejar dengan pekerjaan dalam pembuatan Administrasi Guru dan Sekolah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Tema Pekerjaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Posting Komentar