RPPM PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RPPM PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang kita kenal dengan sebutan RPPM adalah Suatu perencanaan yang dilakukan sebelum proses pembelajaran berlangsung dikelas dalam satu minggu kedepan. RPPM tersebut dibutuhkan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) atau dijabarkan ke dalam RPPH. RPPM ini memang hampir sama dengan RKM hanya saja berbeda nama dan masa berlakunya, RKH berlaku pada waktu Kurikulum KTSP PAUD dan berakhir di tahun 2013 sedangkan RPPM sudah ada sejak tahun 2013 pada waktu berlakunya Kurikulum 2013 sampai dengan sekarang ini.
RPPM dalam PAUD memiliki struktur atau bagian menggunakan kolom pada tabel yaitu Program Pengembangan, Kompetensi Dasar (KD), Muatan Materi Pembelajaran, dan Rencana Kegiatan. Penentuan Program Pengembangan dan Kompetensi Dasar bisa anda lihat pada Peraturan Dirjen PAUDNI mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dalam peraturan tersebut tercantum KD, dan Indikator yang memuat pembelajaran di jenjang PAUD berdasarkan umur baik untuk KB, TK, SPS, dan TPA.
Baca Juga : Permendikbud Nomor 137 Tahun 2013 mengenai Standar Nasional PAUD

Untuk Tema dan Sub tema sudah ditentukan oleh Permendikbud tersebut, anda tinggal mengembangkan fokus pembelajaran dari penjabaran sub tema yang ada. Karena ini sudah beranjak Minggu ke 8 dan 9 dari 17 Minggu efektif yang telah ditentukan di Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Tema pada minggu tersebut adalah Air, Udara dan Api yang terbagi menjadi 2 Sub Tema yaitu Minggu ke 8 Sub Tema Air dan Udara sedangkan Minggu ke 9 Sub Tema Api.
RPPM PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
RPPM PAUD Tema Air Udara dan Api Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
Kami telah menentukan fokus pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan kami, apabila anda tidak setuju dengan fokus pembelajaran tersebut bisa anda ganti sesuai keinginan anda yang penting masih dalam konteks atau kaitannya dengan sub tema tersebut. Untuk fokus pembelajaran pada Sub Tema Air dan Udara adalah Manfaat Air, Bahaya Air, Asal Air, Sifat Air, Guna Air dan Angin. Sedangkan Sub Tema Api mempunyai fokus pembelajaran yaitu Sumber Api, Warna Api, Sifat Api, Kegunaan Api,  Bahaya Api dan Hasil Api.
Apabila anda sebagai guru PAUD membutuhkan file tersebut bisa anda dapatkan di artikel ini dengan format MS. Word berukuran kurang dari 1 Mb sehingga dengan mudah anda ubah atau edit sesuai keinginan atau keadaan di daerah ada. Sebelum penentuan fokus pembelajaran lihat dulu Alat peraga yang tersedia di sekitar anda, diusahakan alat peraga tersebut tidak membutuhkan dana yang besar.

  1. RPPM PAUD Tema Air Udara Api Sub Tema Air dan Udara;
  2. RPPM PAUD Tema Air Udara Api Sub Tema Api.
Semoga RPPM PAUD tersebut bisa bermanfaat bagi anda semua terutama bagi Guru PAUD yang disibukkan dengan Administrasi Kelas. Agar tidak begitu menumpuk kerjakan administrasi tersebut sebelum nantinya dibutuhkan ketika Akreditasi PAUD. Karena RPPM merupakan salah satu kegiatan di Akreditasi yang dapat menambah Nilai Akreditasi di PAUD anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD TEMA AIR UDARA API SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019"

Posting Komentar