Cara Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Dapodik Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021

Cara Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Dapodik Tahun Pelajaran 2020/2021. Di dunia pendidikan sudah menggunakan sistem online, apapun data yang dikirim dari sekolah ke Dinas daerah maupun pusat semuanya menggunakan sistem online baik data siswa, bantuan, dan tenaga kependidikan. Sistem pengiriman data secara online yaitu menggunakan Aplikasi Data Pokok Pendidikan atau yang kita kenal dengan Aplikasi DAPODIK. Di semua jenjang menggunakan Aplikasi tersebut baik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama dan Atas (SMP/SMA). Tahun Pelajaran sebelumnya jenjang PAUD dengan Sekolah Dasar dan Menengah mempunyai server atau situs yang berbeda, namun sekarang ini sesuai arahan dari Kemendikbud harus terpadu dalam satu sistem, yang mana jenjang PAUD sudah berpindah ke server Dapodikdasmen. 

Cara Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Dapodik Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021
Cara Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Dapodik Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021

Salah satu sistem yang diharuskan oleh tenaga kependidikan di tahun pelajaran 2020/2021 yaitu setiap tenaga kependidikan baik guru dan lainnya harus mempunyain Akun tersendiri untuk melihat data Pokok Pendidik sendiri tidak harus mengandalkan Operator Sekolah saja. Operator Sekolah hanyalah sebagai jembatan untuk dapat masuk ke Akun masing-masing guru baik itu username dan passwordnya.Syarat utama untuk mendapatkan Akun PTK di Aplikasi Dapodik adalah harus mempunyai email yang aktif. Karena email aktif tersebut berfungsi sebagai proses verifikasi akun dapodik, sehingga nantiny dari pihak Dapopauddikdasmen akan mengirim sebuah kode verifikasi di kotak masuk email, oleh karena itu sebelum anda memberikan atau didaftarkan email ke operator apa salahnya dicek terlebih dahulu keaktifan email tersebut. Kalaupun tidak aktif atau belum mempunyai alamat email, bisa membuat atau mendaftarkan sendiri ke GMAIL atau YMAIL.

Berikut langkah untuk menverifikasi dan mengaktifkan Akun Dapodik Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021. Simak baik-baik.

Langkah pertama : Masukkan email di Aplikasi Dapodik Offline di menu PTK terus pilih ubah dan scroll paling bawah dan Simpan. Untuk memasukkan Password pilih Registrasi yang ada dibarisan atas sebelahnya ubah dan  cari kata Buat/Ubah Akun. Setelah itu Sinkronisasikan Aplikasi Dapodik tersebut agar bisa terkirim ke server Manajemen Sekolah.

Langkah kedua : Buka situs Dapodik yaitu https://dapo.kemdikbud.go.id/, cari kata Login yang ada disebelah kanan atas terus pilih Individual GTK. Maka dengan sendirinya akan masuk untuk memasukkan email dan password yang telah anda masukkan di Aplikasi Dapodik.


Langkah ketiga :Sebelum memasukkan username/email dan password pilih Kotak yang berwarna biru muda yang bertuliskan login menggunakan SSO.

Langkah keempat : Masukkan email dan password yang dimasukkan di Aplikasi Dapodik dan Login/Masuk.

Langkah kelima : Setelah masuk maka anda akan melihat menu Biodata, Beban Ajar, Tugas, Pendidikan, Sertifikasi, Kepangkatan, KGB, dan Riwayat. Untuk verifikasi akun Dapodik agar dikatakan aktif maka pilih menu Biodata. Pada menu Biodata nantinya terdapat sub-sub menu maka yang anda pilih adalah Akun.


Langkah keenam : Setelah memilih sub menu Akun disebelah kanan akan terlihat kata Verifikasi akun Sekarang, maka pilih menu tersebut untuk mengirim kode verifikasi. Untuk memasukkan kode verifikasi tersebut anda masuk ke email dan cari kotka masuk atau pesan dari Dapodikdasmen. Ketika sudah ada pesan dari Dapodikdasmen masukkan kode yang ada di email tersebut ke Verifikasi Akun dan Simpan. Selesai selamat akun Dapodik anda sudah dinyatakan aktif dan terverifikasi.

Lakukan langkah-langkah diatas secara berurutan agar Akun Dapodik anda aktif, karena akan berdampak atau dinyatakan status anda sebagai guru tidak aktif. Verifikasi akun ini dilakukan hanya satu kali saja namun apabila ada perubahan dalam email dan password anda bisa menghubungi Operator Sekolah pada Manajemen Sekolah di situs Dapodik.

Ketika anda sudah verifikasi akun Dapodik, manfaat dari akun Dapodik tersebut yaitu antara lain:

  1. Untuk Login atau masuk ke situs Info GTK, dimana pada situs Info GTK tersebut terdapat informasi seperti : Verifikasi Ijazah dalam perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK), dan dapat mengetahui informasi apakah anda mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi yang sudah mempunyai sertifikasi atau yang sekarang sedang hebohnya khusus untuk Guru Non PNS yaitu Bantuan Subsidi Upah (BSU).
  2. Bisa mengubah data kita yang tidak terkunci oleh sistem di Aplikasi Dapodik Offline.

Semoga artikel ini bisa memberi wawasan dan manfaat bagi kita semua khususnya di dunia pendidikan untuk tenaga kependidikan baik Jenjang PAUD dan diatasnya untuk segera menverifikasi email agar anda dinyatakan aktif dan diakui oleh pemerintah pusat dalam pelaksanaan Perekrutan Guru PPPK atau Guru Kontrak. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Verifikasi dan Mengaktifkan Akun Dapodik Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar