Cara Mudah Mengerjakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang PAUD Tahun 2020

Cara Mudah Mengerjakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang PAUD Tahun 2020. Sekolah jenjang PAUD sekarang ini sudah terintegrasi dengan Jenjang PAUD yang lainnya seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam sebuah situs Dapodikpauddikdasmen. Tahun ini merupakan tahun pertama kali jenjang PAUD pindah ke Dapodikdasmen yang dulunya berada di Dapodikpaud. Dampak dari integrasi tersebut yaitu jenjang PAUD harus beradaptasi dengan Aplikasi Dapodik baru karena Aplikasi Dapodik yang digunakan sama dengan jenjang diatasnya. Selain mengerjakan Aplikasi Dapodik ada satu lagi Aplikasi yang tidak kalah pentingnya untuk dikerjakan yaitu Evaluasi Diri Sekolah (EDS). EDS ini merupakan penilaian sekolah dari Standar Proses, Isi, Kelulusan, Sarana dan Prasarana, Penilaian, Pembiayaan, PTK. Semua ada 8 standar yang harus terpenuhi karena berkaitan dengan Penilaian Akreditasi Sekolah.

Cara Mudah Mengerjakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang PAUD Tahun 2020
Cara Mudah Mengerjakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang PAUD Tahun 2020

Cara mengerjakan Aplikasi EDS 2020 sekarang sangatlah mudah bisa menggunakan Handphone (HP)/Ponsel yang bisa di download di Aplikasi Play Store atau Google Play. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat langkah-langkah dibawah ini. Ada 2 macam cara pengerjaan EDS yaitu dikerjakan lewat HP dan Laptop. Cara paling mudah mengerjakannya adalah melewati HP hanya saja nantinya anda harus mengirim file hasil pengerjaan EDS ke Operator Sekolah.

  1. Download Aplikasi EDS di Play Store atau Google Play;
    Download Aplikasi EDS 2020 di Play Store
    Download Aplikasi EDS 2020 di Play Store
  2. Ketika sudah mendownload sekarang buka Aplikasi tersebut di Ponsel anda;
  3. Masukkan identitas diri anda dari Nama, NIK, Peran anda sebagai Guru atau Kepala Sekolah;
    Isi identitas diri dan pertanyaan-pertanyaan EDS 2020 sampai selesai

  4. Masukkan NPSN sekolah anda dan email akun dapodik, bila tidak tahu hubungi Operator Sekolah. Untuk Kepala Sekolah menggunakan email sekolah namun juga mengisi dengan email sendiri, jadi kepala sekolah mengisi EDS 2 kali, 1 atas nama Guru dan 1 atas nama Kepala Sekolah;
  5. Isi pertanyaan-pertanyaan sesesuai dengan keadaan sebenarnya, Apabila ada isian dengan pilihan lingkaran berarti anda hanya bisa memilih 1 jawaban saja, dan apabila menemui pertanyaan dengan jawaban kotak maka anda boleh memilih lebih dari 1 jawaban. Isi sampai selesai, untuk peran guru hanya sampai 71% jawaban sedangkan peran Kepala Sekolah sampai 100%;
  6. Ketika sudah selesai mengerjakan langkah selanjutnya anda kirim ke Whatsapp operator sekolah, nantinya akan dimasukkan oleh Operator Sekolah ke Aplikasi EDS di Laptop dan dapat dikirim ke pusat dengan sinkronisasi.
  7. Bila anda sebagai operator instal Aplikasi EDS 2020 Covid 19 di laptop anda pada situs http://pmp.kemdikbud.go.id/unduhan.
  8. Setelah aplikasi sudah terinstal di Laptop, Registrasi terlebih dahulu dengan mengisi NPSN, Kode Registrasi, dan localhost Aplikasi Dapodik. Kemudin kembali ke login dan masukkan username dan password seperti anda masuk ke Aplikasi Dapodik.
    Registrasi Aplikasi EDS 2020 Covid 19 di Laptop
    Registrasi Aplikasi EDS 2020 Covid 19 di Laptop
  9. upload jawaban guru dan kepala sekolah dari file yang telah dikirim melalui via Whatsapp/WA dengan memilih menu "Instrument" dan "upload instrumen". Pastikan laptop anda terkoneksi jaringan internet.
    Upload File hasil pengisian EDS 2020 lewat Laptop
    Upload File hasil pengisian EDS 2020 lewat Laptop
  10. Setelah semua sudah diupload langkah selanjutnya "Hitung Raport Mutu" kemudian masuk ke Akun Kepala Sekolah pilih "Pakta Integritas". Perlihatkan hasil hitung Raport Mutu EDS ke Kepala Sekolah agar pakta integritas dapat dipertanggungjawabkan. Apabila sudah yakin maka ceklist.
    Hitung Rapor Mutu, Pakta Integritas EDS 2020 Covid 19
    Hitung Rapor Mutu, Pakta Integritas EDS 2020 Covid 19

  11. Selanjutkan lakukan "Sinkronisasi" atau ;pengiriman data. Proses sinkronisasi ini membutuhkan waktu lama apabila pada server tidak ramai yang sinkronisasi atau bisa juga dikarenakan jaringan internet yang lemah, olehkarena itu untuk proses pengiriman EDS 2020 pastikan pada jam yang sepi kalau bisa dimalam hari dan menggunakan kuota yang tinggi.
    Sinkronisasi atau Pengiriman data EDS 2020 Covid 19
  12. Pastikan aplikasi EDS 2020 dilaptop anda menggunakan versi yang terbaru yaitu Aplikasi EDS 2020 Covid 19 versi 2020.a dan bisa anda unduh di Google Drive yang sudah kami siapkan. Aplikasi EDS 2020 Covid 19 versi 2020.a.
  13. Selesai. Anda bisa lihat sendiri hasil pengiriman data EDS di situs pmp.kemdikbud.go.id pada menu Progres pengiriman data.
Pastika aplikasi Dapodik sudah terinstal di Aplikasi anda dengan menggunakan versi terbaru yaitu Aplikasi Dapodik versi 2021.b, bisa download patchnya di situs https://dapo.kemdikbud.go.id/ di menu Unduhan. Apabila tidak mengupdate Aplikasi Dapodik maka akan terkendala pada proses Hitung Rapor Mutu di EDS 2020.
Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat di panduan mengerjakan EDS Jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA dengan format PDF.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama bagi guru dan kepala sekolah yang sekarang ini sedang dikejar banyak tugas dalam masalah pendataan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mudah Mengerjakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Jenjang PAUD Tahun 2020"

5 Sterne Hotel Bali Nusa Dua mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

tnx

Posting Komentar