RPPM TK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RPPM TK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Suatu kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak didahului dengan membuat perencanaan. Perencanaan itu sendiri harus mencakup semua kegiatan dari awal sampai akhir. Salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk membuat perencanaan yaitu di dunia pendidikan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada Jenjang PAUD meliputi lembaga Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Setara (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA) dan Taman Kanak-Kanak (TK). Lembaga-lembaga pendidikan tersebut mempunyai sebuah perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran yang biasa dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP pada jenjang PAUD terbagi menjadi 2 macam yaitu antara lain : Rencana Pelaksaaan Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kedua RPP diatas tidak ada perbedaan hanya saja cakupam waktu yang berbeda serta formatnya. Jika melihat cakupan waktu RPPM dibuat perminggu sedangkan RPPH berisi kegiatan pembelajaran perhari,ni namun alabila dilihat dari segi materi RPPM menggunakan Sub Tema sedangkan RPPH menggunakan penjabaran dari Sub Tema tersebut. Intinya adalah kedua RPP tersebut saling berkaitan satu sama lain, RPPH diambil bagian penjabaran dari RPPM. Namun dalam kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai RPPM di lembaga TK di kelompok A dan B dengan Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
RPPM TK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
RPPM TK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Dalam lembaga TK terdapat 2 kelompok yang dibedakan berdasarkan umur peserta didik, untuk usia 4 sampai 5 tahun disebut kelompok A dan usia 5 sampai 6 tahun disebut kelompok B. Perbedaan yang mencolok antara kedua kelompok tersebut ada di Kompetensi Dasar berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014RPPM TK Kelompok A dan B dalam Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 terdiri dari beberapa sub tema. Setiap Sub Tema nantinya akan dijadikan satu RPPM, karena ini Tema Lingkunganku sehingga ada 3 sub tema jadi untuk Tema Lingkunganku terdapat 3 RPPM. Sub Tema dari Tema Lingkunganku yaitu antara lain : Sub Tema 1 Keluarga, Sub Tema 2 Rumahku, dan Sub Tema 3 Sekolahku.
Dalam setiap sub tema nantinya akan dijabarkan menjadi sub-sub tema, untuk Sub Tema Keluarga terdiri dari : Anggota Keluarga, Tugas Ayah dan Ibu, Kebiasaan dalam keluarga, Tata Tertib dalam keluarga. Sub Tema yang kedua Rumahku yaitu : Bahan Pembuatan Rumah, Bagian-bagian Rumah, Perkakas Rumah, Jenis-jenis rumah, dan Tetangga. Sub Tema terakhir dalam Tema Lingkunganku yaitu Sekolahku terdiri dari sub-sub tema yaitu : Alat-alat sekolah, Warga Sekolah, Alat Permainan Sekolah. Sub-sub tema tersebut nantinya akan dijadikan menjadi RPPH TK Tema Lingkunganku. RPPH tema tersebut sudah kami buat di artikel sebelumnya.
Baca Juga artikel terkait seperti : RPPH TK Kelompok A dan B Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Untuk RPPM TK Kelompok A dan B sudah kami siapkan dengan format Microsoft Word sehingga bunda-bunda sekalian tinggal mengeditnya saja. File tersebut sudah kami simpan dalam Google Drive dengan ukuran kurang dari 5 Mb, jadi ketika anda mengambil file tersebut tidak membutuhkan waktu begitu lama. RPPM Tema Lingkunganku tersebut yaitu, antara lain :

  1. RPPM TK A 4-5 Tahun Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
  2. RPPM TK B 5-6 Tahun Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan dalam kelengkapan administrasi di lembaga TK anda baik di Kelompok A usia 4-5 tahun dan Kelompok B usia 5-6 tahun. Untuk RPPM di tema sebelumnya pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 sudah kami buat berupa artikel yang berjudul RPPM TK A dan B Tema Diri Sendiri/Diriku Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM TK A DAN B TEMA LINGKUNGANKU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Posting Komentar