RPPM TK A DAN B TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RPPM TK A DAN B TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Di awal ajaran baru semua guru di jenjang manapun pasti akan disibukkan dengan administrasi kelas yang begitu banyak. Salah satu administrasi kelas yang tidak kalah pentingnya dengan lainnya adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP sangatlah penting untuk di buat, karena tanpa adanya sebuah perencanaan dalam proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan maksimal. Dalam jenjang pendidikan contohnya adalah di pra sekolah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki RPP tersendiri. Jenjang PAUD terdiri atas Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA) dan Taman Kanak-Kanak (TK). RPP yang di maksud dalam jenjang Pendidikan PAUD yaitu ada 2 macam, antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). RPPM dan RPPH mempunyai kesamaan yaitu sama-sama berisi proses pembelajaran hanya saja berbeda pada jangka waktunya, untuk RPPH satu hari sedangkan RPPM satu minggu. Namun dalam kali ini kita akan fokus pada RPPM saja terutama di lembaga pendidikan TK baik Kelompok A dan B dengan Tema Diri Sendiri di Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk RPPH TK Tema Diriku sudah kami bahas dipertemuan sebelumnya.
Baca artikel terkait : RPPH TK Kelompok A dan B Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
Pada RPPM TK mempunyai 2 jenis berdasarkan usia peserta didik yaitu antara lain usia 4 - 5 tahun Kelompok A dan usia 5 - 6 tahun Kelompok B. Perbedaan kedua kelompok tersebut terdapat pada Kompetensi Dasar (KD) dan tingkat kesulitan materi yang diterangkan, semakin tinggi umur peserta didik semakin sulit pula materi yang diterangkan. Kompetensi Dasar pada jenjang PAUD memiliki perbedaan berdasarkan umur peserta didik, itu semua sudah tertuang pada Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 sesuai Kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum 2013 atau kita kenal dengan sebutan Kurtilas. Pada RPPM TK Tema Diri Sendiri terbagi menjadi beberapa Sub Tema dan setiap sub tema dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema yang nantinya akan dijadikan RPPH. 
RPPM TK A DAN B TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
RPPM TK A DAN B TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Untuk Sub - Sub Tema dari Sub Tema Diri Sendiri yaitu antara lain :
  1. Sub Tema Identitas, sub-sub tema : Nama, Jenis Kelamin, Usia, Nama Ayah, Nama Ibu dan Nama Kakak dan Adik.
  2. Sub Tema Tubuhku, sub-sub tema : Ciri-Ciri Tubuh, Anggota Tubuh, Kepala, Tangan dan Kaki
  3. Sub Tema Panca Indera, sub-sub tema : Macam-macam Panca Indra, Manfaat Panca Indra, Mata, Hidung, Telinga dan Kulit.
Semua diatas nantinya tertuang pada RPPM TK baik kelompok A dan B di Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 yang sudah kami siapkan berupa file. File yang kami bagikan hanyalah referensi saja, untuk selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri sesuai dengan keinginan dan kesediaan Alat Peraga di sekeliling anda. Untuk Tema dan Sub Tema jangan diubah, yang perlu diubah adalah Sub-sub temanya saja bisa ditukar berdasarkan hari atau bisa cari yang lainnya. Berikut file RPPM TK Tema Diri Sendiri.
  1. RPPM TK Kelompok A Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020;
  2. RPPM TK Kelompok B Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.
Semoga artikel yang berjudul RPPM TK A dan B Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 bisa bermanfaat bagi anda semua terutama bagi guru TK serta menjadi referensi bagi sekolah di lembaga TK.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM TK A DAN B TEMA DIRI SENDIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Posting Komentar