BERKAS SYARAT PENCAIRAN DANA BOP PAUD TAHAP 2 TAHUN 2019

BERKAS SYARAT PENCAIRAN DANA BOP PAUD TAHAP 2 TAHUN 2019. Sesuai Juknis BOP PAUD Tahun 2019 dalam Permendikbud Nomor 4 Tahun 2019 bahwa penyaluran dana DAK Non Fisik BOP PAUD akan di cairkan menjadi 2 tahap, yaitu di bulan Maret dan Agustus 2019. Ini merupakan peraturan pertama kali yang mana  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang disalurkan sekaligus secara penuh dan biasanya di cairkan setiap pertengahan tahun. Berarti Guru PAUD harus membuat laporan dengan 2 tahap juga, memang ini merupakan keringanan bagi PAUD karena dana yang diperoleh hanya 50 % dari total keselurahan dalam satu tahun, sehingga tidak memberatkan guru PAUD dalam pengeluaran dana tersebut.
Baca Juga : Petunjuk Teknis Penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun 2019
Setelah dana BOP PAUD Tahap 1 sudah dicairkan dan digunakan untuk kebutuhan sekolah dalam kurun waktu setengah tahun, maka setelah digunakan ada kewajiban yang harus dilakukan yaitu membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOP PAUD Tahap 1. Laporan tersebut nantinya akan menjadi salah satu syarat dan berkas untuk pencairan Dana BOP PAUD di tahap selanjutnya yaitu Tahap 2. Memang untuk berkas - berkas untuk pencairan dana tersebut belum ada perintah dari Dinas Pendidikan setempat untuk mengumpulkannya, tapi apa salahnya kita siapkan sedini mungkin agar nantinya kita tidak begitu repot ketika disuruh untuk mengumpulkan LPJ BOP PAUD Tahap 1.
Baca Juga : LPJ Penggunaan DAK NOon Fisik BOP PAUD Tahap 1 Tahun 2019
Dalam pencairan dana BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019 sesuai Juknis PAUD, kita disuruh mempersiapkan berkas sebagai syarat pencairan dana tersebut. Adapun Berkas dan Syarat dalam pencairan dana tersebut yaitu, antara lain :

  1. Laporan penyerapan atau penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD Tahap 1, atau yang kita kenal dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ);
  2. Surat permohonan pencairan dana tahap 2, yang berisi kebutuhan dana tahap 2;
  3. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).
BERKAS SYARAT PENCAIRAN DANA BOP PAUD TAHAP 2 TAHUN 2019
BERKAS SYARAT PENCAIRAN DANA BOP PAUD TAHAP 2 TAHUN 2019
Berkas diatas harus ada pada waktu kita mengajukan pencairan dana BOP PAUD tahap 2, sedangakn untuk berkas yang lain hanyalah sebagai tambahan yang mana setiap daerah berbeda-beda. Namun ketiga berkas dan syarat diatas menjadi syarat utama yang harus disertakan. Berkas untuk pencairan dana BOP PAUD Tahap 2 sudah kami siapkan sedini mungkin dala bentuk MS. Word dan Excel. Untuk point 1 sudah kami buat dalam bentuk artikel yaitu LPJ BOP PAUD Tahap 1 Tahun 2019 di artikel sebelumnya, sedangkan berkas yang lain seperti Surat permohonan pencairan dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlah sudah kami simpan di Google Diver sebagai berikut Berkas Pencairan Dana BOP PAUD Tahap 2 Tahun 2019.
Semoga artikel yang kami buat ini bisa membantu anda dalam proses pencairan Dana BOP PAUD Tahap 2. Dengan dana tersebut pastinya sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di PAUD anda dan untuk memajuan pendidikan di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERKAS SYARAT PENCAIRAN DANA BOP PAUD TAHAP 2 TAHUN 2019"

Posting Komentar