RPPH TK TEMA DIRIKU SUB TEMA IDENTITAS DIRI KELOMPOK A DAN B

RPPH TK TEMA DIRIKU SUB TEMA IDENTITAS DIRI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Dalam proses pembelajaran langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang Guru PAUD adalah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). RPPH merupakan sebuah perencanaan yang dibuat oleh Guru di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA yang berisi mengenai proses pembelajaran yang akan dilakukan dikelas. Ketika guru TK tidak membuat RPPH TK tersebut, maka guru di kelas akan canggung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, karena dengan adanya RPPH tersebut guru sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang harus dipersiapkan ketika di dalam kelas. Kita tahu dalam proses pembelajaran di Jenjang TK masih bersifat konkret atau nyata jadi guru ketika memberikan suatu materi pelajaran ke peserta didiknya, sudah mempersiapkan alat-alat pembelajaran. Alat pembelajaran tersebutpun harus sesuai dengan tema yang ada pada RPPH. Salah satu RPPH TK yang harus dibuat oleh Guru TK adalah tema Diriku Sub Tema Identitas Diri.
RPPH TK TEMA DIRI SENDIRI SUB TEMA IDENTITAS DIRI KELOMPOK A DAN B
RPPH TK TEMA DIRIKU SUB TEMA IDENTITAS DIRI KELOMPOK A DAN B
Dalam RPPH TK terdiri dari 2 Kelompok yaitu Kelompok A dan B, perbedaan tersebut berdasarkan umur peserta didik.Untuk kelompok A dengan usia peserta didik 4 sampai 5 tahun sedangkan kelompok B usi 5 sampai 6 tahun. Kelompok usia tersebut berdasarkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 mengenai "Petunjuk Teknis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD,.....". Dalam peraturan tersebut untuk jenjang TK Penerimaan Siswa baru seperti yang kami jelaskan diatas dari segi umur.
Baca juga : Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 mengenai Juknis PPDB TK  Tahun 2019
Untuk RPPH TK mempunyai 2 versi yang berbeda, perbedaan tersebut dilihat dari format yang ditampilkannya, versi pertama menggunakan format tabel dimana pengisian proses pembelajaran, alat peraga dan lain-lain dimasukkan kedalam tabel. Untuk versi yang kedua menggunakan format deskripsi yaitu model RPPH TK dengan tulisan secara berurutan dari kegiatan pembuka sampai penutup gambarannya hampir sama dengan RPP di jenjang SD. Untuk format tabel sudah kami buat di pertemuan sebelumnya.
Baca artikel terkait : RPPH PAUD Tema Diri Sendiri Format Tabel
RPPH TK Tema Diriku Sub Tema Identitas Diri yang kami buat baik Kelompok A dan B terdapat pada Minggu ke 1 dari 17 minggu efektif. dibuat selama 1 minggu sekaligus karena untuk mempersingkat waktu agar efisien. Pada Sub Tema Identitas Diri mempunyai fokus pembelajaran di setiap harinya dalam satu minggu atau 6 kali proses pembelajaran. Fokus pembelajaran tersebut yaitu hari Senin Nama, Selasa jenis kelamin, Rabu, mengurus diri sendiri, Kamis Usia, Jum'at Alamat, dan Sabtu Nama Ayah dan Ibu itu semua kami buat untuk Sub tema Identitas Diri. Apabila anda tidak setuju dengan fokus pembelajaran yang sudah kami tentukan itu tidak apa-apa, anda bisa menentukan sendiri fokus pembelajaran apa yang cocok untuk peserta didik di TK anda. Untuk fokus pembelajaran antara TK Kelompok A dan B sama, hanya saja perbedaan pada Isi di RPPH TK Kelompok B lebih sulit dari Kelompok A. Berikut RPPH TK Tema Diri Sendiri Sub Tema Identitas Diri

  1. RPPH TK Tema Diriku Sub Tema Identitas Diri Minggu ke 1 Kelompok A
  2. RPPH TK Tema Diriku Sub Tema Identitas Diri Minggu ke 1 Kelompok B
RPPH TK yang kami buat sesuai dengan kurikulum 2013 serta menggunakan format deskripsi. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat bagi anda terutama untuk guru TK dalam membuat Administrasi Kelas. Artikel ini juga bisa menambah wawasan bagi anda yang baru menjadi guru TK perihal pembuatan RPPH TK baik Kelompok A dan B di Tahun Pelajaran 2019/2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH TK TEMA DIRIKU SUB TEMA IDENTITAS DIRI KELOMPOK A DAN B"

Posting Komentar